IKLAN ATAS

Rombongan Studi Banding Bupati Bangli, Ke Desa Pasirsari Diskusi Terkait BUMDes, Dan Tatakelola Keuangan Desa

Rombongan bupati Bangli bersama camat dan Kades 
Redaksibekasi.com- Cikarang: Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi kembali dapat kunjungan dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali Selasa 06/02/2018. Kunjungan kali ini di pimpin langsung oleh Bupati Bangli l Made Gianyar, SH, M.Hum, M.Kn beserta Camat dan para Kades serta Lurah Se-Kabupaten, Bangli. 

Rombongan studi banding yang di pimpin oleh Bupati Bangli l Made Gianyar disambut oleh Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, SH, Kades Pasirsari H. Lamjah Hertansyah, Camat Cikarang Selatan, Sopian Hadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab, Bekasi Hj. Aat Baihati beserta staf. 

Dalam diskusi terkait BUMDes, dan Tatakelola keuangan Desa yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pasirsari, selanjutnya dilaksanakan ekspos terkait BUMDes dan beberapa kegiatan alokasi dana desa (ADD) serta Dana Desa (DD) APBN yang ada di Desa Pasirsari oleh H. Lamjah Hertansyah Kades Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan Kab, Bekasi. Selasa (6/2/2018). 

"Saya cukup senang dengan tanggapan Bupati Bangli l Made Gianyar, yang mengatakan cukup puas studi banding ke Desa Pasirsari," kata H. Lamjah Hertansyah. 

Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, kegiatan hari ini yaitu acara rutin tahunan yang biasa dilakukan pemerintahan Bangli dengan aparatur pemerintahan desa yang ada di Kab, Bangli.Intinya adalah, orang itu bisa maju dari mendengar melihat menyaksikan, tetapi yang lebih gampang orang tertarik untuk majunya dalam segi melihat, makanya kami berkunjung ke Desa Pasirsari," terang Bupati Bangli l Made Gianyar kepada media usai acara selesai. 

Menurut l Made Gianyar, kalau hanya mendengar misalnya Desa Pasirsari maju, juara Nasional, inovasinya bagus APBDnya sehat pendapatannya tinggi kalau hanya dari mendengar dan kita ceritakan jadi terlalu lama. 

"Kita dan Camat, para Kades serta Lurah datang kesini menyaksikan langsung, yakinlah nanti para Kepala Desa yang kita ajak sampai di Bangli nanti bisa bergerak cepat menyikapi kemajuan-kemajuan yang ada disini, tetapi disesuaikan dengan kondisi di masing-masing Desa yang ada di Kabupaten Bangli," jelasnya. 

Potensi kita di Kab, Bangli kata l Made, yaitu pariwisata dan pertanian, kalau di Desa Pasirsari itu industri. Nanti BUMDes nya bisa digerakkan untuk mendorong dan mengelola potensi yang ada di Kab, Bangli," katanya. 

Lebih lanjut dikatakan I Made Gianyar, bahwa di Kab, Bangli itu hanya ada 4 Kecamatan, 68 Desa dan 4 Kelurahan dengan jumlah penduduk 241 jiwa mungkin sama dengan Kecamatan disini. 

"Kabupaten Bangli itu kecil tapi.. 'Small is Biutiful' kecil barangnya tapi besar manfaatnya," ucapnya sambil tertawa," seraya mengatakan nantinya akan kita terapkan bumdes nya. 

Saat disinggung terkait anggaran dana desa, dirinya menjelaskan, untuk anggaran setiap tahunnya naik, tahun ini kita alokasikan dari Kabupaten sebesar Rp 100 miliar. 
Sebenarnya diatas rata-ratanya itu per desa sudah diatas Rp1 miliar, dan saya punya program untuk penguatan BUMDes, untuk penguatan modalnya sekitar Rp400 juta per Desa," Pungkasnya."(*)

Reporter : Rosyid 
Editor : Luk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.