IKLAN ATAS

Di Duga Oknum Desa Marok Tua Belanja Peralatan Sound Sistem Bekas Pakai Anggaran Dana ADD

Perangkat Sound system 
Redaksibekasi.com- Lingga: Peran serta masyarakat sangatlah diperlukan untuk membantu dan sebagai fungsi sosial kontrol dalam rangka pemanfaatan dan penggunaan sejumlah anggaran yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah kabupaten. 

Dalam hal penggunaan Anggaran,  diduga ada oknum Desa yang bermain curang dalam penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD-red) yang seharusnya dialokasikan untuk Pembelian Perangkat Sound system dan kelengkapannya, Aneh nya bukan di belikan jenis barang baru akan tetapi di belanjakan Sound System barang second( bekas-red). Hal ini di ketahui atas informasi WM (yang enggan disebutkan lengkap-red) warga Desa Marok tua Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga.

"Kuat dugaan Anggaran untuk pembelian sound system dialokasikan dari dana ADD, Akan tetapi anehnya kenapa harus di belanjakan barang bekas, bukan yang baru," terang WM kepada awak media melalui WhatsApp, Rabu (19/9).

Dikatakan WM seharusnya Anggaran tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai Petunjuk pelaksana, Juklak dan Juknis. ADD itu uang negara, Ko bisanya oknum Desa berbelanja sound dengan barang bekas," ujarnya.

"WM"salah seorang yang cukup di percaya dan namanya tidak mau terpublikasi, mengkofirmasikan kepada awak media melalui pesan WhatsApp mengatakan.

"Dimana-mana kalau barang baru pakai kemasan kardus juga di lengkapi buku panduan sound system dan kelengkapannya," bebernya.

Ditambahkan WM beberapa hari lalu dirinya sempat bertemu dan bertanya pada teknisi dari Desa Kuala. ini barang bekas, pa," Tanya WM. dan ternyata dibenarkan oleh operator yang menangani sound sistim desa," tukasnya.

Dari hasil informasi yang himpun, awak media mencoba klarifikasi kepada Saparudin Kepala Desa Marok tua soal Anggaran Sound system di temui di kantor Desa. 

"Soal Sound system, barang-barangnya ada di dalam gudang sanggar seni, peralat saond sistim yang ada saat ini itu ada pihak salah kirim dan akan di kembalikan, Sore hari nanti barang sudah datang semua, besok saja kalau mau melihat semua," kata Saparudin dengan entengnya sambil bergegas buru-buru berangkat ke Dusun Tanjung paku untuk pembagian hadiah acara hiburan rakyat.

Di tempat yang berbeda salah seorang pemain orgen skaligus yang memegang orgen tersebut, M.rais" menunjukkan orgen tersebut saat awak media meminta untuk di perlihatkan, satu unit orgen yamaha dengan kotak kemasannya, dan tidak di lengkapi asesoris yaitu papan untuk meletakan buku not lagu juga buku panduan orgen tersubut, dan satu unit suplay listriknya yang di pastikan bekas ,di samping itu juga satu unit kaki orgen yang sudah kusam tidak menunjukkan bahwa barang itu baru.

"Yah yang saya terima cuma ini saja yang lain nya saya tidak tau," katanya kepada awak media

Terpisah Andi sekdes Marok tua yang berbelanja pengadaan barang tersebut, saat di konfirmasi melalui telp seluler mengatakan. Kemarin barang datang saya tidak berada di tempat, saya sudah pesan barang jangan di bongkar dulu,tapi tetap juga di bongkar dan sembarang pasangnya," kilahnya

Andi juga menjelaskan"bahwa barang tersebut ada pihak toko salah kirim dan juga bekas. Saya minta pihak toko bertanggung jawab dan pihak toko mau menggantinya. kalau mau cek besok boleh datang ucap andi kepada awak media."(*) 

Reporter : Suarman 
Editor : Luk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.