IKLAN ATAS

Giat Jumsih Tarumajaya, Bebaskan 2 Meter Badan Jalan Dari Sampah, Ini Kata H.Arifin

membudayakan giat Jumat bersih (Jumsih)
Redaksibekasi.com- Tarumajaya: Dengan semangat kebersamaan, Camat Tarumajaya dan jajarannya bersama unsur Muspika, Dinas LH Kabupaten serta masyarakat Desa Setia Asih kembali membudayakan giat Jumat bersih (Jumsih) sampah, Sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan itu sudah tidak bisa melalui sosialisasi lagi. Saat ini masyarakat benar-benar harus disadarkan melalui perilaku dan budaya seperti Jumsih sampah secara bersama-sama,” ungkap Nurdin rivaldi Sekcam Tarumajaya di lokasi giat Jumsih sepanjang ruas jalan perempatan Bogor - VGH, Jum'at (20/9).

Dikatakan Sekcam, Giat Jumsih ini sudah menjadi agenda rutin Kecamatan Tarumajaya, Untuk kali ini di fokuskan sepanjang jalan Perempat kampung Bogor-VGH yang kerap di jadikan TPS Liar oleh oknum masyarakat dengan berbagai macam jenis sampah rumahan, ikut dibuang di lokasi ini.

“Sampah di wilayah ini bukan saja berasal dari masyarakat sekitar, tapi ada juga dari luar wilayah yang sengaja menjadikan lokasi ini sebagai TPS liar," terangnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar tidak ikut menjadi sumber masalah menumpuknya sampah di TPS liar. Karena kata dia, setiap Jadwal Jumsih pihaknya rajin melakukan pembersihan, akan tetapi masyarakat masih tetap saja membuang sampah di TPS liar.

"Membuang sampah pada tempatnya merupakan upaya sederhana untuk mewujudkan Tarumajaya bersih dari ceceran sampah di sana-sini. Selain itu diharapkan ada peran serta masyarakat dan lembaga lainnya untuk sama-sama peduli lingkungan, hal ini bukan hanya tugas pemerintah saja, peran aktif masyarakat harus ditumbuh kembangkan akan pentingnya budaya K3 dilingkungan kita," pungkasnya.

Sementara itu, H.Arifin Sekdes Setia Asih di lokasi kegiatan Jumsih, kepada media menuturkan terkait himbauan Camat Tarumajaya dalam hal giat Jumsih sampah bersama Unsur Muspika di jalur lintas perempatan Bogor-VGH wilayah Desa Setia asih tentunya hal ini sudah di persiapkan sejak sore hari bersama perangkat desa lainnya dan Tim Rakomsa. 

"Jalur Kampung Bogor-VGH memang kerap jadi lokasi TPS liar, berbagai bagai upaya telah dilakukan Pemerintahan Desa setia Asih, baik melalui pemagaran dan himbauan serta menempatkan tim Saber pemantau sampah.

"Alhamdulillah giat Jumsih kali ini bersama unsur Muspika, membebaskan badan jalan lebar 2 meter dari ceceran sampah sepanjang jalur Kampung Bogor-VGH," kata Sekdes Setia asih di lokasi Jumsih.

Dikatakan Sekdes H.Arifin, Program bersih lingkungan memang menjadi target pemerintah Desa Setia Asih, Saat ini sedang giat-giatnya membangun program Bank Sampah, Diakuinya memang ada beberapa titik yang menjadi pantauan tim Saber sampah Setia asih, tentunya hal ini akan terus kita lakukan pembenahan dan pengawasan bekerjasama dengan Petugas LH kabupaten Bekasi. Selain diperlukan penyadaran masyarakat secara masif dalam hal pengelolaan sampah, upaya penegakan penataan lingkungan perlu digencarkan, supaya memberikan efek jera bagi masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan," tegasnya

Dari pantauan awak media, sejak pukul 7.00 Wib giat jumsih sudah diawali oleh Tim saber sampah Setia asih dan perangkat desa lainnya.

Hadir dalam giat Jumsih, Nurdin rivaldi Sekcam Tarumajaya, Suseno Kasie Trantib, Kasi Ekbang, Kasi PMD, Kasipem, Pa Enta, Bhabinkamtibmas, Bimaspol, staf kecamatan Tarumajaya dan warga Desa setia asih lainnya."(*)

Reporter : Cep/Wan
Editor : Luk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.