IKLAN ATAS

Lsm GMBI Gembong Geram, Kekeringan Landa Tiga Desa

Lsm GMBI turun langsung cek lokasi kali
Redaksibekasi.com- Muaragembong: Sedikitnya Tiga Desa yang dilintasi kali cikarang yaitu Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi Desa Jayabakti Kecamatan Cabangbungin dan Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. kurang lebih ribuan hektar mengalami krisis air bersih dan untuk persawahan akibat kemarau. Panjang Warga pun berebutan ketika ada air masuk dari kali cikarang.

"Sudah dua musim (tahun) turun nyawah kami kesusahan air di sini. Kita kadang terpaksa pakai air empang yang asin untuk kebutuhan mencuci. Untuk wilayah Desa pantai harapan jaya dan untuk minum kami beli air yang dijual di penampungan. Makanya kalau ada bantuan begini kita berebut," kata seorang warga, RIYAN 28 tahun, saat diwawancara para awak media di lokasi Desa Pantai Harapan Jaya , kamis  (13 -09-2018).

Setiap kali para petani akan turun nyawah warga pun terpaksa saling sikut, hanya untuk mendapatkan jatah air. Tak jarang, banyak dari mereka harus menelusuri ke permukaan pintu air yang berada di cikarang untuk minta dibukakan atau disalurkan air kewilayah tiga Desa tersebut terutama Desa pantai harapan jaya dikatakan Warga hanya dengan cara itu baru pejabat PJT mau mengelontorkannya itu pun tidak maksimal.

"Masih dikatakan RIYAN_red Untuk keperluan air minum dan memasak, warga hanya bisa memperoleh air bersih dengan membeli air galon seharga Rp 2.500 atau dengan membeli air dari penampungan seharga Rp 1.000/ 10 liter. Kondisi inilah akibat saluran air kali cikarang yang sudah sekian lama tidak ada air nya yang membuat warga saling berebut, jika ada air yang masuk kewilayah tersebut 

Mirisnya, meski kondisi ini sudah berlangsung sejak turun temurun, pemerintah Kab.Bekasi tidak memberikan solusi kepada warga. Bagai mana cara mengantisipasi agar wilayah Desa pantai harapan jaya tidak lagi kekeringan dan bisa untuk menggarap sawahnya. 

"Selama ini memang untuk kebutuhan para warga untuk mandi cuci dan mengairkan sawahnya melalui kali cikarang ini maka dengan tidak ada air nya warga tiga Desa tersebut terancam gagal nyawah dan kesulitan air bersih.Kalau di sini ada sekitar tiga kampung yang kondisinya sangat parah.tegas Riyan.

"Ketua LSM GMBI Udin Payung 48 Tahun Kepada Media mengaku, sangat prihatin dan sangat kecewa pada pejabat pjt yang berada wilayah cikarang sangat tidak peduli pada warga tiga Desa bahkan sepengetahuan kami selaku kontrolsosial pejabat PJT tidak pernah turun kelokasi kewilayah Desa pantai Harapan jaya untuk lebih jelas bagai mana kondisi saat ini kami berharap pejabat PJT terjun langsung kelokasi jangan berpangku tangan saja dikantor ya sesekali survay lokasi tegasnya.

"H.Mahir Nurmawan Kepala Desa Pantai Harapan Jaya sewaktu dikofirmasi via telphon selulernya terkait tidak masuknya air dari cikarang ke Desa pantai harapan jaya. selain memang tidak dibuka nya pintu PKG oleh petugas PJT dan memang saluran irigasi mulai dari kebun kopi cikarang hingga Desa pantai harapan jaya ini perlu adanya normalisasi yang permanen dan harus menggunakan alat berat beco agar saluran tersebut lancar dan rapih tidak seperti sekarang ini saluran yang ada sudah sangat dangkal dan banyak tumpukan samapah jadi itu penyebab tidak bisa masuknya air ke wilayah kampung penombo Desa pantai harapan jaya tegas H.Mahir."(*) 

Reporter : Yoma
Editor : Luk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.