IKLAN ATAS

Kades Pantai Bahagia H.Maman Suryaman, Bersama Nelayan Muara Mati Lestarikan Tradisi Nadran

Acara Nadran budaya asli Desa Pantai Bahagia warisan nenek moyang 
Redaksibekasi.com- Muaragembong: Ratusan masyarakat Nelayan kampung Muara mati Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi, mengikuti prosesi nadran Desa setempat. yang dihadiri Kepala Desa H.Maman Suryaman Kapolsek Muaragembong, Akp.Sukarman dan Kanit Intel Aipda Dedi Damudi, Bhabinkantibmas Camat Muaragembong yang diwakili kasi Trantib Susanto dan Anggota pol pp.

Menurut tokoh nelayan Blok, Kampung Muaramati.Rt 03/05 Pak Saiyan sekaligus ketua BPD Pantai Bahagia  nadran merupakan acara para nelayan yang digelar secara rutin setiap tahun, acara tersebut dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur para nelayan kepada Allah SWT yang telah memberi keselamatan dan limpahan rejeki selama melaut.

Selain itu, nadran juga merupakan bentuk upaya pelestarian adat dan budaya asli Desa Pantai Bahagia warisan nenek moyang pelaut Muara mati yang sudah ratusan tahun digelar secara turun temurun.

“Acara inti nadran pada acara larung saji, yaitu membawa ‘sajen’ berupa kepala Kambing ke tengah laut. Muara mati merupakan ritual pemberian para nelayan kepada laut yang telah memberi penghidupan kepada mereka (nelayan, Red),” katanya, Jumat 05-10-2018.

"Saiyan menjelaskan, pemberian nelayan kepada laut tersebut dilakukan secara simbolis dalam bentuk berbagai makanan yang ditempatkan di dalam miniatur perahu, kemudian ditarik ke tengah laut dan ditenggelamkannya.

“Tidak ada pikiran bahwa laut harus memakan dengan segala benda-benda ‘sesajen’ yang ditenggelamkan, tetapi itu dilakukan secara simbol saja bahwa laut telah memberikan kehidupan kepada nelayan dan nelayan juga, memberikan rasa terima kasih kepada laut. Ingat, bukan unsur penyembahan kepada laut tetapi ungkapan rasa terima kasih kepada nelayan, kalau kenapa seperti itu, jawabannya karena memang sejak ratusan tahun nenek moyang nelayan kita melakukannya seperti itu,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, para nelayan dari Blok Kampung Muara Mati dan sekitarnya akan selalu diberi keselamatan dan kesehatan selama melaut juga, selalu dimudahkan dalam mencari ikan di laut serta semakin banyak hasil tangkapannya.

“Dengan bersyukur kepada sang pencipta, diharapkan para nelayan mendapatkan hasil tangkapan melimpah sehingga kehidupan nelayan semakin sejahtera,” harapnya..

"Kepala Desa Pantai Bahagia H.Maman Suryaman ditempat terpisah usai acara ritual melepas sajen ketengah laut kepada awak media menuturkan Acara nadran yang kata lain sedekah bumi ini semua itu dilakukan setiap tahun bagi para nelayan yang berada diwilayah Desa Pantai Bahagia dan memang tradisi ini sudah turun temurun dari nenek moyang ,masih dikatakan Maman_red terkait masalah anggaran semua itu hasil peguyuban/gotong royong para warga yang memang mayoritas usahanya melaut tegasnya."(*) 

Reporter : Yoma 
Editor : Luk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.