IKLAN ATAS

Rumah Pak.Rohiman Hampir Roboh,Bantuan Rutilahu Tidak Kunjung Dapat.?

Rumah  keluarga Pak Rohiman dan ibu Aminah
Babelan.RB 
Program Rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi Rumah layak Huni, sebuah impian dan  dambaan bagi sebagian masyarakat kabupaten bekasi yang terbilang masih jauh dari kata Layak , seperti halnya yang dirasakan oleh Keluarga Bapak Rohiman (45) warga Kampung Buni baru RT 016/09 Desa Buni bakti kecamatan Babelan.

Sangat miris bila melihat kondisi bangunan Rumah  keluarga Pa Rohiman dan ibu Aminah, dengan kondisi yang sangat mengenaskan nyaris Ambruk,  tetapi karena ketidak berdayaan ekonomi keluarga, bangunan reot ini,  tetap saja masih di jadikan istana impian.  yang berada di kampung Buni baru Rt. 016/09 Desa Buni bakti kecamatan Babelan kabupaten Bekasi."

"Sudah tiga kali diajukan untuk dapat  bantuan pemerintah dengan program Rutilahu. Namun Sampai saat ini belum juga dapat bantuan dari pemerintah setempat. Pa Rohiman sudah puluhan tahun tinggal di kampung buni baru,di tanah milik,  Namun dari pihak pemerintahan​ Desa maupun kecamatan Babelan  tidak pernah terjun langsung, memperhatikan kondisi rumah warga yang sangat membutuhkan bantuan.Jadi Bukan hanya sebatas laporan," kata Pa Yakul ketua Rt 016. Jum'at (8/9).

Saya juga heran, kata RT Yakul, padahal  kampung Buni baru di kelilingi Mega proyek Pertamina, sebagai pemasok Pendapatan Asli Daerah serta banyak perusahaan besar lainnya, tapi kayanya kurang pada open atau perhatian.

"Masih banyak rumah warga yang nyaris hampir roboh termasuk Rumah Pa helmi yang terkena Musibah puting beliung (puyuh-red) tetapi minimnya perhatian dari pihak Desa maupun kecamatan serta peran Pemda kabupaten Bekasi Cq Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD)," terangnya.

Soal Dana CSR perusahaan, kata RT Yakul  saya belum pernah denger penyalurannya, bagaimana, dan kemana, herannya.

Sebagai Ketua RT, kata pa yakul, pemerintah harusnya lebih tanggap terhadap kondisi  wilayah rawan bencana  alam, seperti dampak banjir, kekeringan dan puting beliung, khusus nya  masyarakat buni baru desa buni bakti kecamatan babelan kabupaten bekasi.
" Yah tentunya harus ada pemerataan bantuan Rutilahu,  tidak pilih kasih untuk program unggulan Pemda kabupaten Bekasi", pungkasnya.

Sementara itu  Pa Rohman (45) dan keluarga hanya bisa diam dan  tersenyum  saat ketua RT, membawa rekan media untuk melihat kondisi rumah Pa Rohiman yang sudah stadium IV,  tanpa rekayasa apa adanya. Rumah panggung dari bilik.
Yah pa, inilah istana saya beserta keluarga yang menjadi tempat berteduh selama ini,  apa adanya," jelasnya​.

Sudah sering adanya kunjungan dari orang Desa di catat, kata Pa Rohiman untuk melengkapi persyaratan, photo copy KK KTP dan  diambil gambar, akan tetapi nyatanya sudah 3 kali pengajuan yang ada hanyalah sebuah harapan.

Sebagai masyarakat kecil, saya tidak dapat berbuat banyak, karena kesibukan mengais rezeki kerja serabutan, untuk menyambung hidup, malakh kadang kala semua urusan warga Rt 016 banyak di bantu oleh ketua RT, semoga Ibu Bupati kabupaten Bekasi dapat melihat langsung kondisi kami," harapnya."(Luk/Cep) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.