IKLAN ATAS

Antisipasi Kekeringan PSDA PUPR Bikin Program Pembuatan Sumur

Kepala Bidang Pengairan dan Sumber Daya Air PUPR, Nurchaidir
Redaksibekasi.com-Cikarang: Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi sudah mengambil beberapa langkah dalam mengatasi musim kemarau (kekeringan) yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi terutama di wilayah bagian Selatan diantaranya Bojongmangu, Cibarusah, Serangbaru, dan Cikarang Pusat.

Kepala Bidang Pengairan dan Sumber Daya Air PUPR, Nurchaidir mengatakan mengantisipasi kekeringan dilakukan dengan membuat program diantaranya sumur bor, Sumur Satelit, dan sumur imbuhan dimana dalam sumur imbuhan ada teknologi yang mampu menampung air hujan untuk dijadikan air bersih seperlunya.

"Untuk pekerjan pembuatan sumur imbuhan dilakukan secara bertahap tidak sekaligus, kemudian juga membuat kolam penampungan nya," ungkapnya di wawancarai.

Mengantisipasi kekeringan di beberapa wilayah, jelas Nurchaidir, tidak bisa dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Bekasi semata tetapi di perlukan kerjasama dengan dinas lain seperti Dinas Lingkungan Hidup dengan reboisasi serta penanaman pohon, normalisasi sejumlah kali maupun sungai yang melintasi wilayah kabupaten bekasi.

"Masalah kekeringan merupakan bukan hal yang baru terjadi di Kabupaten Bekasi, antisipasi sudah dilakukan Bidang PSDA dengan membuat program pembuatan sumur sehingga menunggu proses pekerjaaanya saja bisa selesai cepat,"kata dia.

Selama ini, tambah Nurchaidir, masalah kekeringan sudah teratasi dengan adanya support dari PDAM Tirta Bhagasasi untuk pasokan air bersihnya kepada masyarakat yang terdampak kekeringan seperti wilayah Bojongmangu, Cibarusah, Serang baru dan Cikarang pusat.

"PDAM sendiri sudah melakukan penambahan peningkatan produksi air bersih per detiknya (over kapacity) . Sehingga masalah air bersih di wilayah selatan seperti Bojongmangu dan sekitarnya sudah berjalan." Singkatnya."(*)

Reporter : red
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.