IKLAN ATAS

Deby Apri Sujadi Menerima Penyematan Sebagai Bunda Tagana Bintan

Hj. Deby Apri Sujadi secara resmi menerima penyematan sebagai Bunda Tagana Bintan 
Redaksibekasi.com- Bintan: Taruna Siaga Bencana (Tagana) adalah suatu organisasi sosial yang bergerak di bidang penanggulangan bencana. Hari ini, Kamis (2/8) bertempat di Pantai Indah Dugong Desa Malang Rapat, Hj. Deby Apri Sujadi secara resmi menerima penyematan sebagai Bunda Tagana Bintan usai menerima selempang dari Bunda Tagana Provinsi Kepri Hj. Noorlizah Nurdin.

Deby secara pribadi menyatakan siap untuk ikut bergabung dengan kesatuan personil Tagana. Dirinya juga meminta agar seluruh personil dari semua Kecamatan yang ada dapat menyatukan tekad untuk selalu siaga terhadap segala kemungkinan bencana.

"Dimana pun berpijak kita berdampingan dengan alam, sepandai dan sebaik apapun kita bersahabat dengan alam, bencana dalam berbagai bentuk masih mungkin terjadi. Untuk itulah Tagana ini hadir bersama satuan petugas bencana lainnya untuk selalu siaga atas semua kemungkinan" ungkap Deby saat ditemui usai acara.

Seluruh personil Tagana Bintan berjumlah 67 orang. Sebelum kegiatan ini, seluruh personil juga telah mendapatkan pembekalan berbagai pengetahuan tanggap bencana dalam Jambore Tagana Bintan yang dilaksanakan selama tiga hari.

Sementara itu, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos yang hadir dan bertindak sebagai Pembina dalam Apel Siaga menyampaikan apresiasi kepada kesatuan dengan basis sosial ini. Dirinya ingin agar Jambore ini dapat menjadi barometer nantinya saat Tagana melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Kita tidak pernah menginginkan adanya bencana, tapi kita harus selalu siap untuk hal itu. Saya harapkan seluruh bekal yang didapat selama jambore dapat dibawa ke daerah masing-masing nantinya dan bisa dibagikan kepada masyarakat. Bagaimana menghadapi banjir, kebakaran, longsor dan sebagainya. Lebih baik lagi kalau masyarakat juga diberi pemahaman untuk menghindar dari semua kemungkinan bencana itu" pungkasnya saat menyampaikan amanat upacara.

Tagana juga menunjukkan aksi nyata secara langsung saat penutupan Jambore. Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bintan, ratusan masyarakat Desa Malang Rapat mendapatkan bantuan sembako yang langsung dibagikan saat pelaksanaan kegiatan.

Dalam jambore tersebut juga dilakukan penilaian terhadap beberapa regu yang telah dibagi. Hasil penilaian mencatat regu TRC menduduki peringkat pertama dengan rincian nilai pemasangan tenda 85 dan yel-yel 190. Selanjutnya regu logistik pada peringkat kedua dengan rincian nilai pemasangan tenda 45 dan yel-yel 165. Peringkat ketiga regu posko PB dengan rincian nilai pemasangan tenda 40 dan yel-yel 140."(*) 

Reporter : Hms/Martin
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.