IKLAN ATAS

isra miraj 2019

FPRI Gelar Rapat Pemantapan Dan Langkah Nyata Kedepan, Ini Kata Ade Muksin

Agenda Rapat Forum Pimpinan Redaksi Indonesia (FPRI), di Win Grand Hotel 
Redaksibekasi.com- BEKASI: Sejumlah Pimpinan Media dari berbagai daerah di Indonesia (Aceh, NTT, Lampung, Sumatera, Jabar, DKI, Kota/Kabupaten Bekasi) dengan semangat yang sama melaksanakan acara Agenda Rapat Forum Pimpinan Redaksi Indonesia (FPRI), di WIN Grand Hotel Bekasi. Sabtu (26/1).

Acara yang penuh makna dan baru pertama kali ada di Indonesia dengan mengangkat tema "Pemantapan dan Langkah Nyata FPRI Kedepan" yang akan dilegalkan dengan badan hukum Yayasan.

Dikatakan Ade Muksin, Ketua Umum FPRI (Pimred Fakta Hukum Indonesia), Bahwa Forum Pimpinan Redaksi Indonesia Adalah wadah para pemilik perusahaan media lokal maupun nasional, untuk membangun  rasa nasionalisme, turut andil memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat serta berkontribusi dalam memajukan dan memperjuangkan  'Pers Indonesia'

"Profesional, Independen dan kompeten," Kata Ade Muksin, sambil melihat tulisan yang tertera di logo FPRI.

Diketahui  dalam rapat FPRI ada beberapa poin yang menjadi agenda penting yang menjadi topik bahasan, diantaranya, perihal Filterisasi Perusahaan Media terhadap Wartawan Kutu Loncat, Menjaga Konsistensi dan Keberlangsungan Media, Meningkatkan Profesionalisme Perusahaan Media dan Jurnalis, Menjaga Marwah UU No. 40/1999 tentang PERS dan Kode Etik Jurnalistik.

Serta meningkatkan Rasa Tanggungjawab terhadap Profesi, Menghindari dan Mengatasi Kriminalisasi Profesi Jurnalis, Menuju Kepastian Hukum Pimpinan Redaksi dan Wartawan, dan lain-lainnya.

Dalam kesempatan tersebut disahkan pula draf Anggaran dasar dan Anggaran Rumah tangga (AD/ART) serta dilakukan pembentukan divisi-divisi dan disepakati secara bersama, diantaranya Divisi Hukum/Advokasi, Divisi Ekonomi dan Bisnis (EKBIS), Divisi Kompetensi, Divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), serta Divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS)

"Forum ini sebagai wadah silaturahmi dan perjuangan Pers yang ingin tetap secara kontinyu berkontribusi secara aktif demi kemajuan Pers di Indonesia," pungkas Ade di Win Grand Hotel, Sabtu.

Senada dengan itu, Sekretaris Jendral FPRI, Michael Lengkong menegaskan bahwa Forum yang diinisiasi oleh para Pimpinan Media, optimis dapat menjadi wadah bermanfaat dan berfaedah kedepan.

"Berikut format Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Forum Pimpinan Redaksi (FPR) Indonesia

Penasehat : Adi Samekto (Media AKTUAL)
Ketua : Ade Muksin (Fakta Hukum Indonesia)
Sekjen : Michael Lengkong (Telusur News)
Bendahara : Tommy A Langi (Warta Sidik)

Wakil Ketua :
1. Bonanza P (Nusantara Merdeka News)
2. Bayu (Media Kharisma)
3. Rizal (Media Info Publik)
Wakil Sekjen :
1. Rusdi (Media Info Publik)
2. Sujito (Harian Berita Indonesia)
Wakil Bendahara :
1. Djati (Nusantara Merdeka News)
2. Yusminah (Harian Berita Indonesia)

Divisi Hukum/Advokasi
Ketua : N Mujianto (Fokus Berita Indonesia)
Wakil : Ali Sadikin (Podium Pos)

Divisi Ekonomi dan Bisnis
Ketua : Dadang (Lokal Hub)
Wakil : Sitanggang (Warta Pilar)

Divisi Kompetensi
Ketua : Simaremare (Pos Keadilan)
Wakil : Cecep (Redaksi Bekasi)

Divisi Penelitian dan Pengembangan
Ketua : G. Panjaitan (Bintang Media)
Wakil : Putra Tobing (Putih Hitam)

Divisi Hubungan Masyarakat
Ketua : Jefry Manopo (Nusantara News)
Wakil : Zulkifli (Tabir News)
Wakil : Boni (Radar Malaka)

Dalam pertemuan tersebut disepakati bersama bahwa Pers Indonesia harus tetap tumbuh dan berkembang secara Profesional, Independen dan kompeten, yang berlandaskan UU No.40/1999 tentang PERS dan Kode Etik Jurnalistik.

"Saya berharap agar Pers Indonesia, lebih maju dan berkembang, sesuai amanah undang-undang Pers, berkontribusi dan bermanfaat," pungkasnya."(*)

Reporter : Red
Editor : Luk
Diberdayakan oleh Blogger.