IKLAN ATAS

Bersama Warga, Satgas Raider 613/Raja Alam Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan Di Perbatasan Negara

Berjibaku memadamkan api yang membakar hutan 
Redaksibekasi.com- Samarinda: Prajurit TNI yang tergabung Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam bersama masyarakat Desa Kanduangan berjibaku memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di daerah Kilo 5 RT.05 Kec. Seimanggaris pada Minggu (3/3/2019).

Api tersebut diduga berasal dari masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara membakar hutan di area tersebut. Dikarenakan cuaca yang kemarau dan tidak ada hujan api merambat hingga sampai di perbatasan.

Dengan alat-alat yang terbatas hanya menggunakan alat semprot rumput, para anggota Pos dari jajaran Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam bersama masyarakat sekitar berupaya memadamkan api yang membakar hutan dan lahan tersebut yang diperkirakan seluas 3 (tiga) hektar.

Walaupun sempat mengalami kesulitan dikarenakan cuaca kemarau dan juga lokasi kebakaran yang berada di hutan serta alat yang digunakan pun terbatas, namun berkat semangat dan kerjasama yang baik para anggota Satgas Pamtas bersama masyarakat, api yang merambat sampai di perbatasan berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 Wita.

Wadansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja Kapten Inf Fadliansyah  mengungkapkan dari kejadian hal tersebut kami dari Satgas Pamtas dan aparat desa mengharapkan tidak ada lagi warga membakar hutan sembarangan lagi untuk membuka lahan apalagi dimusim kemarau seperti sekarang ini, tentunya kondisi ini akan lebih cepat memicu api menjadi lebih besar dan sulit untuk dikendalikan.

Beruntung kebakaran hutan dan lahan tersebut tidak ada korban jiwa, dan Satgas Pamtas sudah berkoordinasi dengan Satgas Manggala Agni setempat untuk menangani masalah pembakaran lahan ini agar tidak terulang kembali. Sebagai Satuan pengamanan perbatasan, selain melaksanakan tugas pokok kami juga harus membantu warga perbatasan dalam mengatasi kesulitan, salah satunya melalui kegiatan seperti ini."(*) 

Reporter : Leo 
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.