IKLAN ATAS

Dandim Solo Jadi Komandan Apel Resik-Resik Komplek Keraton Kasunanan Surokarto Hadiningrat

Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Instansi terkait dalam rangka Persiapan Tingalan Dalem Jumenengan SISKS Paku Buwono XIII Ke 15 Tahun 2019
Redaksibekasi.com- Surakarta: Bertempat di Halaman Parkir Kamandungan Komplek Keraton Kasunanan Surakarta Jl. Sasono Putro No. 01 Rt. 01 Rw. 01 Kel. Baluwarti Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Instansi terkait dalam rangka Persiapan Tingalan Dalem Jumenengan SISKS Paku Buwono XIII Ke 15 Tahun 2019 bertindak sebagai Pengambil Apel Ir. H. Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) dan sebagai Komandan Apel Dandim 0735 Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan SE acara ini diselenggarakan oleh Pemprov Jateng dengan Penanggung jawab kegiatan Dr. Ir. Sri Puryono Soedarmoningrat, MP (Sekda Prov. Jateng) yang dihadiri 200 Orang.

Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Ir. Sri Puryono Soedarmoningrat, MP (Sekda Prov. Jateng), Mayjend TNI Mochamad Effendi, SE. MM (Pangdam IV/Dip), Mayjend TNI Wawan Kustiyawan (Asisten Deputi 1 Polhukam), Irjend Pol Drs. Condro Kirono, MM , M.Hum (Kapolda Jateng), Kolonel Inf Rafael Granada Baay (Danrem 074/Wrt),  Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, SH. S.IK (Kapolresta Surakarta), Letkol Inf Yudi Purwanto (Kasrem 074/Wrt), Letkol Cpm Gunawan Setihadi (Dan Denpom IV/4 Ska), AKBP Andi Rifai, SH. S.IK (Wakapolresta Surakarta), AKBP Saeful Anwar (Danyon Brimob Pelopor Den C Surakarta), Mayor Inf Hari Sandra (Kasi Opsrem 074/Wrt), Mayor Inf Alfian Yudha P (Kasdim 0735/Ska), Kompol IK Sukarda (Kabag Ops Polresta Surakarta), Kompol Imam Safi'i (Kasat Lantas Polresta Surakarta), Sarwa Pramana, SH. M.Si (Asisten 1 Pemprov Jateng), FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta) dan Drs. Teguh Prakoso, MM (Ketua DPRD Kota Surakarta)

Sambutan KGPH Dipokusumo Saya disini diperintah oleh Sinuhun, dan Sinuhun mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya atas dilaksanakannya Resik resik Keraton Surakarta Hadiningrat dan kegiatan sebenarnya sudah lama dilaksanakan, namun juga sudah lama tidak dilaksanakan. Untuk itu Keluarga besar Keraton Kasunanan sangat berterima kasih kepada Pemprov Jateng dan seluruh komponen yang hadir pada hari ini.

Inti amanat yang dibacakan oleh Ir. H. Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng) dalam Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Intansi terkait kegiatan “Resik-resik Kraton Solo dan Nguri-uri Kebudayaan Bersama Gubernur, Pangdam dan Kapolda Menyambut Tingalan dalem Jumenengan ke-15 Sampeyan Ndalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakoe Boewono XIII”.

Kegiatan ini bagian dari upaya mewujudkan lingkungan kawasan Kraton Solo yang bersih, dan kinclong. Apalagi kraton ini adalah bagian dari sejarah kebudayaan, sekaligus obyek wisata. Maka sudah semestinya asset ini harus selalu dijaga, supaya bersih njaba njerone, lahir batin. Dengan demikian Keraton Kasunanan yang berdiri sejak tahun 1744, tetap moncer sepanjang masa dengan segala keindahan bangunan dan warisan budayanya, seperti upacara adat misal sekatenan dan malam sura serta tarian sakralnya yaitu Bedaya Ketawang. Sedemikian cinta dan perhatian kami pada keraton ini, maka harl ini kita bergotong royong dan bekerja bhakti membersihkannya.

"Saya berharap, resik-resik secara massal seperti ini bisa ditradisikan dan menjadi agenda rutin. Sumangga...Yang penting, kita bisa memberikan contoh pada masyarakat bahwa gotong royong sebagai karakter Jawa Tengah harus terus dijaga. Apalagi Jawa Tengah memiliki branding Jateng Gayeng, yang guyub, rukun, bergotong royong dan harmonis dalam membangun kehidupan masyarakat di Jawa Tengah. Ini yang harus disuarakan, digelorakan dan diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapapun peserta Resik-resik Keraton adalah sebagai berikut Grup 2 Kopassus, Brigif MR 6/2 Kostrad, Korem 074/Wrt, Lanud Adi Soemarmo, Kodim 0735/Surakarta, Brimob Den C Pelopor, Ditshabara Polda Jateng, Dalmas Polda Jateng, Dalmas Polresta Surakarta, Pemprov Jateng, Pemkot Surakarta, Damkar Kota Surakarta, BPBD Pemprov Jateng, Linmas Surakarta dan Abdi Dalem Keraton Surakarta."(*) 

Reporter : Red 
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.