IKLAN ATAS

isra miraj 2019

Nadran Di Muara Jaya, Camat Junaifi Melepas Iring-Iringan Ratusan Perahu Nelayan Ke Tengah Laut Larung Kepala Kerbau

Camat Muaragembong Junaefi melepasan Perahu nelayan sebagai inti acara Nadran
Redaksibekasi.com- Muaragembong: Pagelaran wayang kulit semalam suntuk di lanjutkan dengan acara ruwatan pada pagi harinya menjadikan rangkaian acara 'Nadran' Pesta laut nelayan Muara Jaya Kecamatan Muara Gembong terlaksana dengan khidmat, Kegiatan acara Nadran dipusatkan di TPI Muara Jaya Desa Pantai Mekar Kecamatan Muara Gembong, yang dilanjutkan dengan Melarung, yakni melepas kepala kerbau dengan miniatur kapal ke tengah laut. Minggu (17/3).

Kemeriahan acara Nadran yang diadakan dua tahun sekali diwarnai dengan ratusan perahu nelayan Muara Jaya yang dihiasi oleh jajanan pasar serta hiasan lainnya.

Usai acara Ruwatan Camat Muara Gembong Junaifi mengambil posisi persiapan pelepasan Perahu nelayan sebagai inti acara Nadran, melarung Kepala kerbau ketengah laut.

Dalam Sambutannya Camat Muara Gembong mengatakan acara Nadran ini sudah tradisi para nelayan setiap tahunnya.

"Pesta laut ini turun menurun dari masyarakat Muara Gembong, Alhamdulillah pada kesempatan acara ini pun nantinya akan di hadiri Plt Bupati Kabupaten Bekasi H.Eka Supria Atmaja.SH serta dari Kadis Pariwisata ikut hadir,"ujar Junaifi, Minggu (17/3).

Dikatakan Junaifi, Dirinya Berharap pada event Nadran tahun depan akan diselenggarakan bergantian di Muara Bendera dan Nelayan dari Muara Jaya bisa ikut dalam Nadran tersebut agar lebih meriah. Selanjutnya mengingat cuaca angin laut yang kencang, saya mengimbau untuk anak-anak yang ikut acara agar di perhatikan dari para orang tua nya.

"Alhamdulillah mewakili dari Dinas Pariwisata bahwa event ini akan dilaksanakan tiap tahun dan tahun ini di selenggarakan di Muara Jaya bagi Masyarakat Desa Pantai Mekar dan Pantai Sederhana," imbuhnya.

"Semoga di tahun berikutnya Nadran Pesta laut bagi para Nelayan di Muara Gembong, Acara Nadran kita fokuskan  pelaksanaannya di Muara Bendera dan dari masyarakat Muara Jaya dapat membantu ikut bergabung agar bisa menjadi lebih meriah lagi, Dan para peserta yang bawa anak-anak tolong dari orang tua di perhatikan karena cuaca angin nya  kencang," pungkasnya.

Dari pantauan media, Usai acara Sambutan Camat Junaifi dilanjutkan dengan pelepasan Perahu Nelayan untuk melarung Kepala Kerbau bersama miniatur perahu kecil.

Tiba saatnya acara Inti Nadran, Camat Junaifi mengangkat Bendera sebagai tanda pemberangkatan iring-iringan ratusan  perahu nelayan  ke tengah laut, sebagai puncak acara Nadran di Muara Jaya."(*) 

Reporter : Red
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.