IKLAN ATAS

isra miraj 2019

Desa Sukakarsa Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bekasi

Lomba Desa tingkat kabupaten bekasi 
Redaksibekasi.com- Sukakarya: Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) helat kompetisi lomba desa tingkat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Desa Sukakarsa Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Ikuti Lomba Desa yang di gelar pada selasa, (2/4/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang juga sebagai Ketua Tim Penilai Aat Barhati mengatakan lomba desa diadakan guna untuk meningkatkan prestasi kerja dan kinerja perangkat desa.“Lomba desa ini yang sedang berjalan di beberapa kecamatan di Pemerintahan Kabupaten Bekasi, guna meningkatkan kinerja dan prestasi bagi desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhati, (2/4/2019).

Dikatakannya, lomba ini nantinya desa yang terpilih atau menjadi juara satu akan di lombakan ketingkat lebih propinsi. Ini salah satu upaya meningkatkan kinerja dan prestasi desa di segala bidang,”ucapnya.

Lebih lanjut,  Aat Barhati, menyampaikan dengan adanya kegiatan lomba desa ini bukanlah hal yang dibuat-buat, karena ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan dan bukan sekedar mengatur bagaimana hajatan nasional lomba desa dilaksanakan tiap tahun.

Lebih dari itu, adalah untuk memotivasi desa agar semakin cerdas dalam menata kelembagaannya secara lebih modern, sehingga segala kemajuan pembangunan desa dan kelurahan dapat dengan mudah dievaluasi dan diukur.

Dengan semakin tertibnya tata kekola Pemerintahan Desa, yang didukung oleh sistem informasi desa, bagi Pemerintah Pusat pun juga menjadi semakin mudah dalam memahami persoalan-persoalan desa dan kelurahan.

"Lomba Desa merupakan suatu hal yang bukan mengada-ngada, berdasarkan peraturan menteri dalam negeri tentang evaluasi dan pengembangan desa. Untuk melihat sejauhmana partisipasi masyarakat di desanya baik dibidang kemasyarakatan maupun dibidang pemerintahan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukakarsa Munaka mengucapkan terimakasih atas dukungan perangkat desa dan kerjasama dari masyarakat. Peran aktif oleh masyarakat, diakunya, menjadi salah satu hal penting, sehingga pelaksanaan penilaian lomba Desa dapat berjalan lancar dan sukses.

“Walaupun pelaksanaan ini kami anggap sangat mendadak, tapi, saya kira cukup memuaskan bagi kami. Apalagi saya pribadi belum begitu lama menjabat sebagai Kepala Desa. Ini semua tidak lepas dari support dan kerjasama para aparatur Desa dan masyarakat. Karena, apalah arti seorang Kepala Desa, jika tanpa adanya dukungan dan kerjasama? Tidak mungkin saya dapat bekerja sendiri,”ungkap pria yang biasa disapa Lurah Ozos ini kepada Redaksi Bekasi Online pada Selasa, (2/4/2019).

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan lomba desa ini, semoga dapat merubah sistem kerja di lingkup pemerintahan Desa Sukakarsa. Para aparatur Desa diminta untuk memperbaiki kinerja sesuai tupoksinya, yang selama ini dirasa masih belum maksimal.

"Meski Desa kita tidak dapat menjadi juara ataupun menang di pelaksana penilaian Lomba Desa kali ini, itu bukanlah tujuan utama  karna yang terpenting kita dapat berbenah di Pemerintahan Desa. Dengan melaksanakan Lomba Desa, kita bisa lebih semangat lagi,” pungkasnya."(*)

Reporter : Nilan
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.