IKLAN ATAS

Warga RW 04 Jejalen Jaya Ikuti Giat Sosialisasi BPJSk, Ini Pesan Kades Kumpul

Add caption
Redaksibekasi.com- Tambun Utara: Guna memberikan penjelasan tentang apa arti dari BPJS Ketenagakerjaan, apa fungsinya, dan jenis pekerjaan apa saja yang termasuk dalam kategori ini.Yayasan BPJS Ketenagakerjaan Cengkareng mengadakan sosialisasi dikediaman Kepala Desa Jejalen Jaya khususnya RW 04 Desa Jejalen jaya, Minggu (29/4) lalu.

Turut hadir Kepala Desa Jejalen Jaya Bpk. Kumpul Zebra beserta jajaran staff desanya, Bpk. Yusuf, Ibu Mega selaku koordinator dari BPJS Ketenagakerjaan Cengkareng beserta staff lainnya, juga warga masyarakat Desa Jejalen Jaya khususnya RW 04.

"Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan penjelasan tentang Kegunaan dari BPJS ketenagakerjaan. Dalam hal ini pemerintah sangat fokus dan sangat memperhatikan jaminan serta memberikan perlindungan kepada masyarakat bukan hanya dari sektor formal tetapi juga dari sektor informalnya," Ungkap Yusuf dari Yayasan BPJSk dalam awal sambutan.

Dalam pemaparannya Yusuf mengatakan,  Sektor informal yaitu Pekerja Bukan Penerima Upah meliputi, Petani, Pengusaha warung, Kuli bangunan, Supir ojek online, Asisten rumah tangga, Kuli cuci, Pengurus RT/RW. Jadi semua pekerjaan yang bergerak dalam sektor informal ini akan mendapatkan jaminan  perlindungan ketenagakerjaan," Jelas Yusup.

Kades Kumpul yang kerap di sapa Lurah Zebra, yang Ikut dalam Sosialisasi BPJSk,  Turut menanyakan kepada pihak BPJS tentang perbedaan KIS yang dari APBD atau APBN dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Pihak BPJSk (Ketenagakerjaan) dengan gamblang menjelaskan kepada seluruh warga yang hadir.

"KIS adalah untuk tenaga atau temen yang terkena musibah pada saat mereka sakit, Tetapi BPJSk ini mengcover apabila bapak ibu melakukan aktivitas, untuk lebih jelasnya KIS mengcover gangguan kesehatan kita, Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mengcover kecelakaan kerjanya" tutur Yusuf .

Jadi inilah yang harus diingat, Lanjut Yusup, Untuk sementara ini  yang baru bisa kita cover hanya yang memiliki kegiatan atau aktivitas, yang mempunyai income per bulan.

"Dan kita (BPJSk)  belum bisa mengcover teman-teman yang menganggur. Jadi untuk para pekerja yang masuk dalam kategori informal ini silahkan untuk mendaftar menjadi anggota BPJS" paparnya lebih lanjut.

Sementara itu, Dalam kesempatan sosialisasi BPJSk Kades Jejalen Jaya menghimbau kepada seluruh perangkat desa dari mulai Linmas sampai Kepala Desanya untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan.

Dari pantauan media, Giat ini juga membuka sesi tanya jawab dimana warga yang hadir bersemangat sekali untuk bertanya tentang BPJS Ketenagakerjaan ini.

Sebagai bentuk dari sosialisasi ini pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan kepada salah satu warga RW 04 desa Jejalen Jaya ini yang mendapatkan musibah. Bantuan ini diberikan secara simbolis dari pihak BPJS Ketenagakerjaan dan diterima oleh Kepala Desa Jejalen Jaya, yang kemudian diserahkan kembali kepada penerima santunan."(*)

Reporter : Nha
Editor : Luk 
Diberdayakan oleh Blogger.