IKLAN ATAS

Kerahkan 770 Personil Prajurit Petarung Gelar Acara HUT Kemerdekaan RI Ke 74


Redaksibekasi.com- Tegal: Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma menggelar kegiatan Upacara HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 bersama segenap elemen masyarakat se-Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Upacara diselenggarakan terpusat di Lapangan Mako Yonif 407/PK dengan Inspektur Upacara (Irup) Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han), Sabtu (17/08/2019).

Adapun yang bertindak sebagai Petugas Upacara HUT RI Ke-74 tersebut adalah Pasi Pers Yonif 407/PK Lettu Inf Masriansyah sebagai Perwira Upacara (Pa Up), Komandan Kompi Senapan A Yonif 407/PK Lettu Inf Suprapto sebagai Komandan Upacara (Dan Up). Sementara untuk Pasukan Paskibraka dari Siswa-siswi SMK 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dibawah pimpinan Komandan Paskibraka Letda Ckm Bambang Sasongko (Danton Kes Yonif 407/PK).

Tampak hadir sebagai tamu undangan, Danramil 07/Adiwerna Kodim 0712/Tegal Kapten Suswantoro, Kapolsek Adiwerna Polres Tegal Kompol Supriyadi SH, Camat Adiwerna Kab. Tegal M. Natsir, Kepala Desa se-Kec.Adiwerna Kab. Tegal, Kepala UPTD se-Kecamatan Adiwerna Kab. Tegal, Pejabat Utama Kecamatan Adiwerna, Kepala Sekolah SD,SMP/MTS dan SMK se-Kecamatan Adiwerna, Toga dan Tomas Kecamatan Adiwerna, Ketua Persit KCK Ranting 4 Yonif beserta pengurus, PKK se-Kecamatan Adiwerna.

Selanjutnya untuk sususan peserta peserta Upacara HUT RI Ke-74 berjumlah ±770 personel yang terdiri dari anggota Yonif 407/PK, anggota Koramil 07/Adiwerna Kodim 0712/Tegal, anggota Polsek Adiwerna Polres Tegal, anggota Banser Kecamatan Adiwerna Kab. Tegal, Perangkat Desa se-Kecamatan Adiwerna, KNPI, Ormas, Guru dan Pelajar (SMKN I Adiwerna, SMKN 2 Adiwerna, SMK BP Adiwerna, SMK Islamiyah, SMK NU, MA Al Iman, SMPN I Adiwerna, SMPN 2 Adiwerna, SMPN 3 Adiwerna, SMPN 4 Adiwerna, MTS Fillial Adiwerna, MTS NU Adiwerna, SMPN N 5 Adiwerna, SDN I Ujungrusi, SDN 2 Ujungrusi, SDN 3 Ujungrusi), Santri Pondok Pesantren Kalimati Adiwerna, dan Komunitas Otomotif (King, Retro dan CB).

Tema Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 kali ini adalah "Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju." Hal tersebut dimaksudkan dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) harus menjadi prioritas utama guna membentuk SDM yang unggul dan memiliki sikap serta kepribadian yang diharapkan. Kepribadian dan sikap tersebut diantaranya adalah berdedikasi, jujur, inovatif, tekun dan ulet.

Dalam amanat Pangdam IV/Diponegoro yang dibacakan oleh Komandan Yonif 407/PK, disampaikan bahwa melalui peringatan Kemerdekaan Negara RI Ke-74 diharapkan untuk mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tidaklah mudah dan ringan. Para pahlawan pendiri bangsa dengan iklas mengorbankan jiwa raga dan harta benda yang mereka miliki untuk berjuang sampai titik darah penghabisan guna mencapai satu tujuan, yaitu Indonesia Merdeka.

Tujuh puluh empat tahun sudah bangsa kita menikmati kemerdekaan ini. Sebagai warga negara bisa hidup bersama dengan tenteram dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu dan berdaulatr. Maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk terus menjaga negara dan bangsa ini dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataan yang terjadi disekitar menunjukkan masih banyaknya  persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menuju cita-citanya sebagai bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Berbagai ancaman, gangguan dan hambatan menerpa bangsa ini silih berganti, yang kesemuanya berpotensi membahayakan terhadap keselamatan, keutuhan dan kedaulatan serta persatuan dan kesatuan negara. Bahkan diantaranya menjadi ancaman nyata terhadap indeologi Pancasila.

Pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 berjalan lancar dan penuh khidmat. Kegiatan dilanjutkan dengan acara demonstrasi PBB, Drumband Canka Padmakusuma, Beladiri Militer Yongmoodo, Konvoi Kendaraan (memutar kota Slawi). Untuk kegiatan tambahan, diselenggarakan kegiatan lomba hiburan untuk keluarga Yonif 407/PK bersama masyarakat sekitar yaitu lomba Panjat Pinang, Tarik Tambang, Balap Karung, Balap Kelereng, Cabut Bendera, Cabut Koin dan Makan Kerupuk.

Secara pribadi, Komandan Yonif 407/PK merasa senang dan bangga dapat merayakan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74 ini bersama segenap elemen masyarakat Kecamatan Adiwerna Kab. Tegal karena kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ia berharap, semoga untuk kedepan secara keseluruhan warga Adiwerna dapat menumbuh kembangkan kekompakan, sehingga pelaksanaan HUT RI tahun dapat dilaksanakan secara bersama-sama kembali dengan lebih meriah."(*) 

Reporter : Red
Editor : Luk
Diberdayakan oleh Blogger.