IKLAN ATAS

Latihan Drill Tempur Tingkat Kompi Yonif 407/PK Di Jatinegara


Redaksibekasi.com- Tegal: Dalam rangka meningkatkan kemampuan bertempur Prajurit, anggota Yonif 407/PK melaksanakan kegiatan latihan Drill Tempur Tingkat Kompi. Drill Tempur yang diselenggarakan kali ini merupakan latihan lanjutan dari tahapan Latnistis Tingkat Kompi yang diselenggarakan sebelumnya di Asmil Yonif 407/PK, Sabtu (14/09/2019).

Latihan Drill Tempur Tingkat Kompi dilaksanakan di daerah latihan Jatinegara Komplek Kabupaten Tegal selama dua hari.  Kegiatan tersebut diikuti oleh dua Kompi Senapan yaitu Kompi Senapan A Yonif 407/PK dan Kompi Senapan B Yonif 407/PK. Dalam pelaksanannya dipimpin langsung oleh masing-masing Komandan Kompi.

Kegiatan latihan tersebut juga disiapkan untuk menghadapi latihan lanjutan yaitu UST (Uji Siap Tempur) Tingkat Kompi yang rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan bulan ini.

Selaku Wadanlat dalam kegiatan tersebut, Kapten Inf Hendra Sastra N., S.I.P. menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Drill Tempur Tingkat Kompi melatihkan beberapa materi, diantaranya adalah Lawan Penghadangan Kendaraan, Lawan Penghadangan Jalan Kaki, Serangan Pemukiman, Pelingkaran Serentak dan Pelingkaran Serang. Materi-materi tersebut dikemas dalam sebuah sekenario latihan oleh penyelenggara.

“Sebagai Prajurit Padmakusuma Yonif 407/PK dituntut dapat menguasai dan melaksanakan materi-materi pertempuran yang telah diajarkan dengan penuh rasa tanggung jawab guna menunjang tugas pokok sebagai prajurit professional,” tegasnya.

Lebih lanjut, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. selaku Danlat memberikan penekanan khusus kepada seluruh prajuritnya. “Baik pelaku, pendukung maupun pelatih dalam pelaksanakan latihan Drill Tempur Tingkat Kompi selalu menjaga dan mengutamakan faktor keamanan agar tidak terjadi kerugian baik personel maupun materiil,” tuturnya.

Usai kegiatan latihan, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. mengevaluasi kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa semua rangkaian kegiatan latihan dapat berjalan sesuai yang direncanakan, walaupun masih terdapat kekurangan-kekurangan namun itu hal yang masih wajar. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai cambuk untuk Prajurit Yonif 407/PK dalam melangkah lebih baik lagi. Harus ada peningkatan kualitas dalam setiap langkah Prajurit.

“Latihan ini adalah hal yang indah dan akan selalu dirindukan disaat sudah tidak di satuan tempur lagi. Kita ketahui, latihan ini diselenggarakan di ketinggian cakrawala dan medan yang berbukit-bukit dengan selimuti panas terik matahari yang menyengat karena bertepatan dengan musim kemarau. Namun hal tersebut tak sedikitpun menyurutkan semangat para Prajurit,” imbuhnya.

“Diberikan kesempatan latihan seperti harus dapat dinikmati, dicintai dan disenangi. Jika merasa terbebani berarti belum paham arti sebuah latihan, kalau paham pasti tidak ada beban. Yang tidak boleh tidak ada dalam diri Prajurit Yonif 407/PK adalah semangat,” begitu pesannya."(*)

Reporter: Red
Editor: Luk
Diberdayakan oleh Blogger.