IKLAN ATAS

bisotisme

Ketua Dan Waka. TP PKK DS Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tangki Septik Kedap


Redaksibekasi.com- Sibolangit: Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan launching/meletakan batu pertama program Pembangunan Tangki Septik Kedap dengan material Buis Beton diawali di rumah Bapak Aprin Bukit di Dusun 2 Desa Suka Maju, Kecamatan Sibolangit,Rabu (23/10).

Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan  yang didampingi Wakil Ketua Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar dan pimpinan OPD terkait, Manager regional Iuwash Plus Muhammad Yagi dan Camat beserta Muspika Kecamatan Sibolangit, pada acara launching itu menjelaskan  bahwa, dengan program pembangunan  tangki septik kedap material buis beton ini nantinya akan dilanjutkan dengan    pelayanan Lumpur Tinja terjadwal (LLTT)  dengan penyedotan lumpur tinja secara berkala.

Bimbingan Dan arahan  Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan Layanan lumpur tinja terjadwal berperan penting dalam menjaga lingkungan karena salah satu penyebabnya pencemaran lingkungan adalah tangki septik yang tidak kedap sehingga lumpur tinja dan air limbah domestik dapat merembes ke tanah dan sumber air sehinnga dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit menular untuk menghindari kapasitas lumpur tinja yang berlebih dalam tangki septik agar tidak meluap dan mencemari lingkungan, tangki septik harus memenuhi standart nasional dan harus dikuras paling tidak satu kali dalam tiga tahun.

Adapun keuntungannya adalah tidak ragu menggunakan air tanah sebagai sumber air bersih karena septik tank yang digunakan adalah kedap sehingga tidak ada pencemaran ke sumber air, lingkungan menjadi bersih, mengurangi resiko penularan penyakit salah contoh stunting (Tubuh Kerdil).

Dijelaskan juga bahwa Dinas perumahan dan permukiman (Perkim) yang akan melakukan penyedotan bagi masyarakat pelanggan septik tank kedap, sedangkan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas bekerja sama dengan pihak Kecamatan  melakukan promosi kesehatan untuk perubahan perilaku, tokoh–tokoh masyarakat bekerjasama dengan TP PKK  mulai dari Dusun hingga Desa untuk menghayo hayokan kesadaran masyarakat agar mau dan mandiri dalam pen gelolaan layanan lumpur tinja terpadu ini.

Yunita juga menyampaikan terimakasih  dan bangga kepada masyarakat Desa Sukamaju menurut laporan Dinas kesehatan dan Iuwash plus, bahwa sudah ada 13 Rumah tangga yang mau membuat  septi tank kedap dengan sistem arisan. Seperti kita ketahui bersama bahwa Desa Sukamaju ini ada sekitar 200 rumah tangga kelak mempunyai septik tank yang kedap.

Sambutan dari bapak Regional Manager Iuwash Plus, Muhammad Yagi, menjelaskan bahwa masyarakat sudah mau berubah tidak lagi buang air besar kesungai tapi sudah ditampung dan penampungannya kedap, jadi bakteri dari tinja kita sudah tidak mengalir lagi ke sungai, ini menjadi swadya masyarakat dan mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Bupati dan Ketua TP PKK yang sudah mengerakkan seluruh instrumennya juga  telah bersedia menjadi leader dan lokomotipnya perubahan, dan diharapkan program ini menyebar keseluruh wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Diakhir acara Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Deli Serdang Memberikan  bantuan Tas sekolah  bagi  10 Siswa SMP NEGERI I dan Pemberian Sembako bagi keluarga yang kurang mampu."(*)

Reporter: Red
Editor: Luk
Diberdayakan oleh Blogger.