IKLAN ATAS

Pengobatan Keliling, Wujud Peduli Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Terhadap Kesehatan Warga Perbatasan

Add caption
Redaksibekasi.com- Mahakam: Sebagai bentuk konsistensi terhadap masalah kesehatan warga, untuk yang kesekian kalinya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad melaksanakan puskesmas keliling yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu yang dilaksanakan di 2 Puskesmas yang berada di Kecamatan Long bagun Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Perwira Seksi Penerangan (Papen) Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letda Chk Tunjung Mahardika Hariadi, S.H., dalam keterangan di Pos Kotis yang berlokasi di Desa Batu majang, Kecamatan Long bagun Kabupaten Mahakam ulu, Kalimantan Timur, Rabu (27/11/2019).

Lebih lanjut Letda Chk Tunjung menyampaikan bahwa pada kegiatan ini dilakukan oleh Lettu Ckm dr. Rulli Eka Prananda yang sehari-hari menjabat sebagai Dokter Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad.

"Pelaksanaan puskesmas keliling ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Satgas untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat penugasan khususnya warga Kecamatan Long bagun," ujarnya.

Diungkapkan Papen, tercatat 50 orang warga ikut serta dalam pengobatan yang dilakukan hari ini, dengan berbagai macam keluhan diantaranya, demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pinggang, bekas luka, dan gatal-gatal pada kulit.

Sementara Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Rulli Eka Prananda mengatakan, bahwa program puskesmas keliling yang langsung mendatangi pustu-pustu tersebut, dilakukan karena banyak kampung untuk menjangkau sarana layanan kesehatan di wilayah tersebut cukup jauh dan kurangnya tenaga kesehatan, seperti yang halnya di Desa Batu Majang.

"Banyak wilayah yang sarana kesehatan seperti Puskesmas cukup jauh dari kampung, sehingga warga jadi enggan untuk memeriksakan kesehatannya dikala sakit. Kewajiban Satgas melalui Pos-Pos terdekat yang mendatangi Puskesmas pembantu (pustu) bahkan sampai dengan mendatangi rumah warga untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada warga," imbuh Dokter.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Adat besar dayat kenyah Bapak Balan Tingai, dirinya merasa senang dengan kegiatan pengobatan keliling yang dilakukan oleh prajurit Satgas dari Pos Kotis, sehingga dapat secara langsung membantu masalah kesehatan warga.

"Kami warga Kecamatan Long bagun, mengucapkan terima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI, memberikan pengobatan kepada warga kampung kami yang sakit," ujarnya."(*)

Reporter: Red
Editor: Luk
Diberdayakan oleh Blogger.