IKLAN ATAS

Warga Kampung Wangkal Keluhkan Proyek Pipanisasi Mangkrak, Kasi Ekbang Sebut Proyek Siluman

Proyek pipanisasi Saluran air Bersih (SAB)
Redaksibekasi.com- Sukakarya: Galian Proyek pipanisasi Saluran air Bersih (SAB) di Kampung Wangkal Rt 05 RW.06 Desa Sukakarya diduga sarat dengan penyimpangan dan terindikasi proyek siluman, lantaran dilokasi kegiatan tak ada Papan proyek sebagai dasar dan acuan kegiatan, Serta pelaksana maupun pengawas konsultan dilokasi proyek entah dimana adanya.

Ada temuan baru yang didapat awak media di lokasi kegiatan Pipanisasi, Ada Sejumlah Warga mengeluhkan Galian proyek pipanisasi, lantaran pasca galian dan pemasangan pipa di badan jalan, tidak dilakukan pengecoran kembali.

Saat ini Proyek pipanisasi yang diduga  milyaran rupiah di Sukakarya masih saja  terbengkalai, Tanpa ada kejelasan dari pelaksana kegiatan ataupun kontraktor.

"Gak tau pak, Ini proyek pemasangan pipa  (pipanisasi) terbengkalai tanpa ada penanganan serius dari pemborongnya, Mau diapain ini, Jalan bagus sudah di Cor, Terus di gali buat pasang Pipa, tapi gak di betulin lagi warga dibuat bingung," Kata warga Rt 05 RW.06 kampung wangkal Sukakarya, kepada awak media, Rabu 27/11.

"Saya gak tau pak, Ini proyek siapa karna gak ada Plang proyek dan galian lubang asal saja, kwatir pipanya nanti rusak apabila ada dilintasi kendaraan," ujar warga kampung Wangkal.

Sementara itu dari pantauan awak media (Rabu 27/11) dilokasi kegiatan pipanisasi tak ada aktivitas para pekerja, apalagi plang proyek tak ada sama sekali, Sungguh  Sangat di sayangkan Galian pipanisasi asal-asalan, mungkinkan ini proyek siluman. Warga berharap bongkaran jalan akibat proyek pipanisasi agar di Cor Kembali.

Diketahui sebelumnya, (Senin 18/11) Sejumlah masyarakat bersama Ketua Forum Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Bekasi (FKPMB) Kabupaten Bekasi Erwin Mailudin, S.IP, mendatangi langsung kantor kecamatan Sukakarya,  Lantaran maraknya keluhan masyarakat terkait pekerjaan pipanisasi yang dikerjakan kontraktor siluman atau pemborong nakal di Kampung wangkal RT 04/02 Desa Sukakarya, Kecamatan Sukakarya Kabupaten bekasi.

Kehadiran Warga bersama Ketua FKPMB  diterima langsung oleh  Kepala seksi (kasi) ekbang kecamatan Sukakarya Edi Sutrisna, Dirinya Mengaku tidak tahu menahu soal adanya pekerjaan pipanisasi yang di kerjakan kontraktor siluman atau pemborong nakal di Kampung wangkal RT 04/02 Desa Sukakrya, Kecamatan Sukakarya Kabupaten bekasi.

"Tidak ada laporan dari pihak pemborong atu pelaksana, terkait kegiatan pipanisasi di kampung wangkal," tegas Edi Sutrisna diruang kerjanya saat di sambangi Warga bersama ketua FKPMB Erwin Mailudin,   beberapa waktu lalu.

"Yah, bila ada kegiatan biasanya kita hanya sebagai monitoring saja," ujar Edi Sutrisna, pada saat itu.

Dikatakan Edi, Dirinya tidak tahu proyek pipanisasi entah dari musrembang atau dari dewan, Aneh ujug-ujug kegiatan itu muncul.

"Yah, saya coba  tanya ke BPD, kata nya kegiatan itu dari PUPR PSDA. Panjang kegiatan 120 meter kedalemannya 40 Centimeter," tukas Edi.

Lanjut Edi, Saya berharap kepada Pemerintah kab.bekasi husus nya bappeda terkait pengajuan kegiatan yang berada di wilayah manapun, saya harap itu harus ada sosialisasi dulu ke masyarakat maupun ke desa dan kecamatan. Jangan sampai ujug-ujug ada yang muncul. Seperti di katakan bahasa modern nya kerjaan siluman ujar"edi sutrisna.

Dari hasil klarifikasi yang dilakukan oleh Erwin Mailudin Ketua FKPMB dan Kasi Ekbang Kecamatan Sukakarya disaksikan bersama sejumlah awak media, langsung melakukan survei lokasi galian proyek pipanisasi siluman di Kampung Wangkal."(*)

Reporter: Abidin
Editor: Luk
Diberdayakan oleh Blogger.