Terbaru

6/recent/ticker-posts

Camat Sukakarya Serahkan Bibit Tanaman Kepada Anggota KWT Dewi Makmur

Simbolis menyerahkan bibit tanaman 
Redaksibekasi.com- Sukakarya: Camat Sukakarya E. Sunarto, SE, MM secara simbolis menyerahkan bibit tanaman kepada anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Makmur Desa Sukamakmur pada kamis, (19/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut, E. Sunarto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Sukamakmur Wawan Kurniawan serta Ketua KWT Dewi Makmur Ny. Dewi Kurniawan, yang telah peduli terhadap masyarakat dalam pengelolaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Semoga kegiatan KRPL khususnya KWT Dewi Makmur berjalan dengan baik, sehingga kedepan dapat bermanfaat untuk masyarakat, "ungkapnya kepada Redaksibekasi.com

Dikatakannya, Salah satu justifikasi penting dari pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) adalah bahwa ketahanan pangan nasional harus dimulai dari ketahanan pangan di tingkat rumah tangga, sehingga program ini harus betul betul dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya Kelompok Wanita Tani yang sudah diberikan pembinaan dan pemahaman. "Kami berharap dengan adanya KRPL ini pola pengeluaran pangan rumah tangga, pola konsumsi pangan, tingkat konsumsi dan kecukupan energi dan protein rumah tangga serta Pola Pangan Harapan (PPH) dapat teratasi,"bebernya.

E. Sunarto juga menambahkan, dampak penerapan KRPL telah dapat mengurangi pengeluaran untuk konsumsi pangan, meningkatkan konsumsi energi dan protein serta PPH,"terang pria asli bekasi ini.

Lebih lanjut E. Sunarto mengatakan Keberhasilan Program KRPL akan sangat ditentukan oleh potensi sumberdaya lahan pekarangan, kapasitas SDM petani sebagai pengelola lahan pekarangan, teknologi spesifik lokasi lahan pekarangan, dan kelembagaan pengelola KRPL dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan.

"Ada 6 program yang akan mendukung kemajuan KRPL berkelanjutan Perencanaan dan sosialisasi program secara matang, Pendampingan dan pemberian motivasi kepada kelompok sasaran, Pelatihan pemanfaatan hasil pekarangan mendukung diversifikasi konsumsi pangan, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program, Pentingnya aspek pendukung KBD, paket program, dan pasar, serta pentingnya aspek promosi dan advokasi kepada pemangku kepentingan,"tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukamakmur Wawan Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Camat Sukakarya yang telah hadir dalam acara penyerahan bibit tanaman kepada anggota KWT Dewi Makmur. "Terima kasih atas kehadirannya, semoga kedepan KRPL Dewi Makmur lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat,"ucapnya.

Dirinya berharap, kedepan program program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus ditingkatkan, sehingga kedepan setiap rumah mempunyai minimal 10 pohon baik toga maupun warung hidup. "Mari kita manfaatkan lahan pekarangan untuk menanam pohon, baik tanaman obat, sayuran dan lainnya,"pungkasnya."(*)

Reporter: Nilan
Editor: Luk
Baca Juga