Terbaru

6/recent/ticker-posts

Peduli Pasien Hemodialisa Di Rokan Hulu, Begini Harapan H Syarkawi, SE

Tokoh masyrakat H Syarkawi, SE 
Redaksibekasi.com- Rokan hulu: Untuk menjamin kesehatan masyarakat, khususnya pasien cuci darah. Tokoh Masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H Syarkawi, SE meminta Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rohul dr Novil Raykel, supaya segera mengefektifkan layanan Hemodialisa (HD).

Hal tersebut disampaikan, H Syarkawi, SE, kepada awak media, di Kota Pasir  Pangaraian, Kecamatan Rambah, Kita berharap di bawah pemerintah Bapak Bupati Rohul H Sukiman, kesehatan masyarakat terjamin dengan baik, tutur H Syarkwi. Minggu (29/12/2019).

"Hemodialisis (HD) adalah proses memurnikan darah seseorang yang ginjalnya tidak bekerja secara normal dari limbah metabolisme menggunakan peralatan hemodialyzer," ungkap H Syarkawi, SE.

Kemudian di tempat yang sama,  disampaikan, Pasien HD, H Tetap Ginting, mengaku dirinya cuci darah sejak Bulan Oktober tahun 2010 sampai sekarang. "Saat ini saya ke Ujangbatu melakukan HD,  harus mengeluarkan biaya transportasi dan konsumsi per HD itu sekitar Rp 300 ribu," ungkapnya.

"Jika pelayan HD sudah optimal di RSUD Rohul, jadi kos yang Rp 300 ribu per HD itu, bisa hilang. Jika perbulan delapan kali sekitar Rp 2,4 Juta," sebutnya.

Lanjutnya, idealnya 15 jam atau tiga kali per minggu, tetapi yang ditanggung BPJS hanya 10 jam atau 2 kali perminggu.

H Tetap Ginting menguraikan, yang ditanggung BPJS 2 kali perminggu,  sehingga pasien hanya mendapat pelayan minimum. Untuk mendapatkan pelayanan maksimum pemerintah Daerah Rokan Hulu, mestinya bisa mengupayakannya 3 kali HD dalam se-minggu, dua kali dari BPJS dan satu kali biaya pemerintah daerah," ujarnya.

"Kami berharap RSUD Rohul mengefektifkan layanan HD, sehingga kesehatan masyarakat bisa terlayani dengan baik, "pungkasya."(*)

Reporter: Leo
Editor: Luk
Baca Juga