Terbaru

6/recent/ticker-posts

Wabup HMA Yusuf Siregar Dan Ketum Komnas Perlindungan Anak Tutup Kongres Ke 16 Tahun 2019

Add caption
Redaksibekasi.com- Lubuk Pakam: Kongres Anak Indonesia (KAI) Ke-16 yang diadakan di Deli Serdang usai sudah di selenggarakan selama 4 hari dimulai Senin 16 hingga 19 Desember 2019 bertempat di Hotel Tongs Inn Lubukpakam Rabu (18/12).

Dengan mengusung thema ‘Anak Nusantara Merajut Toleransi, Kebersamaan, Keberagaman dan Cinta Tanah Air Menuju Generasi Unggul’,ada beberapa hasil keputusan bersama dari hasil KAI yang disimpulkan baik dari hasil sidang komisi yang dibentuk diforum anak maupun forum Pendamping di KAI ke 16 Deli Serdang.

Tercatat ada 19 Propinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia dengan jumlah sebagai peserta delegas 360 anak usia 12-15 tahun dan 100 orang pendamping yang mengikuti kegiatan KAI tahun 2019 ambil bagian dalam penampilan diacara tersebut.

Penampilan anak-anak dan suara hak anak di laksanakan sejalan dengan penutupan acara oleh Wakil Bupati Deli Serdang H. M Yusuf Siregar bersama Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas PA dengan sekaligus penyematan selempang 10 orang yang terpilih sebagai duta anak.

Duta Anak Indonesia untuk Membangun Toleransi: Adetya Prayudha Wibowo, Kampar Riau, dan M Akbar Ramadhan, Bandar Lampung, Duta Anak Indonesia untuk Kebersamaan: Muhammad Raihan Deli Serdang dan Sarah Zartika Belitung Timur. Duta Anak Indonesia untuk keberagaman: Azha Khiatun Nisa Padang Sumatera Barat dan Keisha Aulia Krisnawati Lebak Banten. Duta Anak Indonesia untuk Cinta Tanah Air: Wibi Ardiansyah Lebak Banten dan Fadillah Kurniawan Kota Batu, Jawa Timur. Duta Anak Indonesia untuk Anak generasi unggul: Rifky Willian Padonna Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung dan Muhammad Ridho Alifa, Kampar Riau.

Arist Merdeka Sirait ketika diwawancarai disela-sela acara tersebut mengatakan, ‘'hasil Suara Anak Indonesia untuk diserahkan kepada Presiden Republik dan pejabat pemerintah lainnya termasuk anggota dewan. Ini sebagai wujud partisipasi anak mewujudkan generasi unggul".

Ditambahkannya, " saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anak-anak peserta KAI ke 16 yang telah bekerja keras untuk menghasilkan, merumuskan suara anak indonesia 2019, memilih dan menetapkan Duta Anak Indonesia 2019-2021 serta menentukan tuan rumah sebagai penyelenggara KAI ke 17 tahun 2020.

Wabup HMA Yusuf Siregar Ucapkan Terima Kasih Pada Peserta Kongres Anak Indonesia dan KOMNAS Perlindungan Anak yang telah menjadikan Deliserdang sebagai tempat diselenggarakannya KAI XVI 2019 dan menyampaikan pesan moral kepada anak-anak Indonesia untuk menjadikan Suara Anak menjadi inspirasi anak Indonesia menuju Anak Indonesia yang Unggul".

Diacara yang sama ketua LPA Deli Serdang Junaidi Malik di dampingi Sekretaris Amirul Khair, Bendahara Patimah SPd dan Wakil Ketua Bidang Promisi dan Pemenuhan Hak Anak.M. Habil Syah mengatakan kepada media "ayo kita jadikan Kongres Anak Indonesia sebagai mekanisme nasional untuk mewujudkan hak partisipasi anak dan hak anak untuk didengar pendapatnya".

Kemudian dia menambahkan, "sebagai institusi perlindungan anak yang selalu Hadir untuk Anak Indonesia khususnya di Deli Serdang akan terus mengawal implementasi Suara Anak".

"Saya mengucapkan rasa maaf saya sedalam-dalamnya atas segala kekurangan dan penyambutan yang kurang baik selama acara KAI ke 16 di Deli Serdang, Selamat jalan anak-anakku, sampai tiba dengan selamat dirumah masing-masing dan sampaikan salam hormat kami kepada seluruh keluarga", Tutupnya."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk
Baca Juga