Terbaru

6/recent/ticker-posts

Gali Potensi Warga, Kades Sadih Gandeng BPD Siap Canangkan Program Pemberdayaan Masyarakat

Kades Sadih Gandeng BPD Siap Canangkan Program Pemberdayaan Masyarakat
Redaksibekasi.com- Cabangbungin: Dalam rangka meningkatkan Sumber daya masyarakat dan menggali potensi warganya, Sadih M. Farhan selaku orang nomor satu di wilayah desa Lenggah Jaya kecamatan Cabang bungin Kabupaten Bekasi, Bakal menggandeng instansi terkait, baik DPMD, BPD serta unsur kepemudaan yang ada di wilayah Desa Lenggah Jaya, teruma dalam hal Pemberdayaan masyarakat desa serta membantu pengembangan dan peningakatan pengelolan Bumdes (Badan usaha milik Desa) yang selama ini sudah berjalan dengan baik, walaupun masih perlu adanya bimbingan dan arahan dari Instansi dinas terkait (Dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa-red),

"Yah, Desa Lenggah Jaya akan terus menata wilayah, Serta bersinergi dengan BPD,  Tokoh kepemudaan dan Karang Taruna dalam melaksanakan program pemerintahan desa yang berkesinambungan terutama dalam hal Pemberdayaan masyarakat dan pengembangan Bumdes," Kata Kades Sadih di Kantor Desa, usai gelar rapat koordinasi dengan BPD dan Staf Desa, Senin (27/1)

Dikatakan Kades Sadih, Desa lenggah Jaya akan terus memacu program yang telah di canangkan oleh Pemerintah dalam hal pelayan prima dan transparansi Anggaran, serta untuk kedepannya akan melakukan Program pemberdayaan bagi warganya, khususnya unsur kepemudaan.

"Tahun 2020, Program pemberdayaan bagi warga sekitar akan terus kita upayakan, Agar warga desa Lenggah Jaya dapat lebih maju lagi," Ungkapnya.

Masih kata Kades Sadih, Diakuinya, soal Keberadaan BUmdes Desa lenggah jaya, Akan tetapi hal itu (Bumdes-red) sudah di Jelaskan dengan gambalang Oleh ketua BPD.

"Bahwa Perdes Bumdes Desa Lenggah Jaya telah ada sejak Bulan November 2018 lalu, Akan tetapi penyertaan modal yang di gelontorkan, baru pada bulan oktober 2019, hal itupun berdasarkan proposal pengajuan dan diketahui BPD," tegas Kades Sadih M Farhan.

Sementara itu, Aswanta ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lenggah jaya, Mengamini apa yang dikatakan Kades Sadih, Terkait Program kedepan berkenaan dengan Pemberdayaan masyarakat dan mendukung pengembangan Bumdes yang selama ini telah di Perdeskan secara resmi sejak Bulan November 2018 lalu.

"BPD Desa Lenggah jaya tentunya siap bersinergi dengan Pemerintahan Desa, Mengingat program yang sedang dan akan dilakukan Kepala desa fositif, Yah, Kenapa tidak, tentunya harus kita dukung," Ungkap Aswanta.

Terpisah, H.Karno Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi, FBPD sangat  Mengapresiasi desa-desa yang mendirikan BUMDESA. Desa desa di kabupaten bekasi sangat potensial bisa mempunyai PADES,  sesuai ruhnya,

"BUMDESA diharapkan dapat menjadi fasilatator pengembangan ekonomi masyarakat desa, selain itu BUMDESA menjadi badan yang menggali potensi didesa untuk menciptakan PADES," imbuhnya.

"FBPD Kabupaten Bekasi mengharapakan, Seluruh desa di kabupaten bekasi mendirikan Bumdesa dan ada kerja sama ( sinergitas fositif) antara Pemdes, BPD dan stekholder desa lainnya, dalam mewujudkan bumdesa dan dalam  pengembangan usaha Bumdesa," punkas H.Karno Ketua F-BPD Kabupaten Bekasi."(*)

Reporter: Abidin
Editor: Luk
Baca Juga