Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kades Manan Minta BBWSC Segera Perbaiki Tanggul Amblas DI Kampung Singkil Dan Biyongbong

Amblas dan longsor lantaran Terkikis, tergerus air, Serta pemasangan Sipel yang tak maksimal
Redaksibekasi.com- Muaragembong: Amblas dan longsor lantaran Terkikis, tergerus air, Serta pemasangan Sipel yang tak maksimal (Karana sipel miring 60 derajat jadi tanggul mengalami ambles-red). Mengakibatkan tanggul kali Citarum di Desa Pantai bakti Muara Gembong, Sering kali amblas dan Jebol, yang pada akhirnya masyarakat Kampung Singkil dan Biyongbong Desa pantai bakti kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi sering kali di hantui rasa was-was, Terlebih pada saat bencana banjir di awal tahun 2020.

Untuk hal tersebut pemerintahan Desa Pantai bakti beserta staf, BPD dan unsur Muspika, Bersama warga sekitar melakukan penanggulan kali Citarum yang jebol dan Amblas (darurat bencana), di dua titik (Kampung Singkil dan Biyongbong +- 200meter tanggul Jebol dan Sipel Amblas ) dengan menggunakan kayu Dolken, bambu, Karung diisi tanah dan Bambu serta dibantu dengan alat berat.

"Yah, Kegiatan penanggulan ini sebagai langkah preventif tanggap darurat bencana, Sebagai bentuk penyelamatan warga dan antisipasi terjadinya tanggul jebol semakin parah, Dengan membuat tanggul buatan di Kampung Singkil, Rt. 02 /06, Kampung Byongbong dan Rt. 03/06 Desa Pantai Bakti dengan anggaran  sebesar 20 juta rupiah," Ungkap Manan  Kades Pantai Bakti di lokasi kegiatan penanggulan Kali Citarum harum. Kamis (16/1).

"Sebagai Kades, Saya berharap, Mudah- mudahan Pihak BBWSC Ciliwung serta stekholder lainnya, baik pemerintah daerah Kabupaten Bekasi-Prov Jawa Barat atau Pemerintah Pusat, dapat membantu proses penanganan tanggul penahan banjir ini di Desa Pantai Bakti Muara Gembong, Agar warga setiap saat tidak selalu dihantui rasa, resah dan gelisah dan was-was ,"pungkas Kades Manan.

Sementara itu  Nursan Susanto selaku  ketua BPD Pantai bakti, mendukung kinerja Kades Manan, Walaupun terbilang baru tetapi sudah banyak memahami keluhan warganya, terutama dalam penanganan masalah banjir.

"Yah, Masyarakat yang tinggal di tanggul di sisi citarum sering di hantui ketakutan,  was-was, akan tanggul jebol, dengan adanya kegiatan penanggulan di bantaran kali citarum dapat memberikan rasa aman bagi warga kp singkil dan kp biyomong," kata Ketua BPD."(*)

Reporter: Abidin
Editor: Luk
Baca Juga