Terbaru

6/recent/ticker-posts

Maksimalkan Fungsi Pertanian, Kades Sukakarsa Bangun Talang Air

Membangun talang air dikampung kendayakan pengkolan
Redaksibekasi.com- Sukakarya: Dalam rangka memaksimalkan fungsi pertanian sekaligus guna meningkatkan hasil produksi pertanian, Kepala Desa Sukakarsa Munaka membangun talang air dikampung kendayakan pengkolan Rt.002 Rw.002 Desa Sukakarsa. "Ini Kita bangun talang air, agar hasil produksi pertanian dapat lebih meningkat,"ujar pria yang biasa disapa Bang Ozos kepada Redaksibekasi.com pada kamis, (23/01/2020).

Dikatakannya, para petani sering mengeluhkan debit air yang kurang saat musim tanam tiba, sehingga perlu dibangun talang air untuk mengairi area pesawahan. "Para petani sering mengeluhkan tentang debit air, makanya Kita bangun talang air,"jelasnya.

Munaka menambahkan, saat musim tanam tiba pasokan air dari kali ciherang melalui bendungan caringin agak lambat, apalagi pada musim kemarau lahan pesawan kering bahkan sampai bertela. "Pasokan air dari kali ciherang melalui bendungan caringin agak lambat, bahkan tidak sampai sama sekali karena jarak yang begitu jauh,"terang pria yang setiap hari berbahasa banten ini.

Dirinya mengharapkan, setelah talang air dibangun, semoga para petani khusunya desa sukakarsa tidak lagi mengeluhkan debit air. "Semoga dengan dibangunnya talang air, hasil produksi pertanian dapat lebih meningkat,"tuturnya.

Lebih lanjut, Munaka mengatakan pembangunan talang air sepanjang 50 meter lebar 0.5 meter dianggarkan melalui Dana APBN Tahap 3. "Ya Kita anggarkan melalui APBN Tahap 3,"terangnya.

Terpisah, Sipin (35) mengucapkan terima kasih kepada pak kades yang telah mengganggarkan dan membangun talang air, semoga dapat bermanfaat untuk para petani. "Kita bersyukur telah dibangun talang air, mudah mudahan hasil pertanian lebih baik dan meningkat,"pungkasnya."(*)

Reporter: Nilan
Editor: Luk
Baca Juga