System Terbarukan, Chipunk Siap Gandeng Bumdes Kembangkan Program Ternak Lele Di Lahan Sempit - Redaksi Bekasi

IKLAN ATAS

Ahmadi Setia Mulya Tarumajaya

System Terbarukan, Chipunk Siap Gandeng Bumdes Kembangkan Program Ternak Lele Di Lahan Sempit

Budidaya Ikan lele cukup praktis dan tidak makan banyak biaya
Redaksibekasi.com- Tarumajaya: Berbekal pengalaman dan belajar kepada ahlinya, Putra bekasi Tarumajaya yang menggeluti bidang Ternak Lele dengan sistem terbarukan (Kolam Terpal serta pemanfaatan lahan sempit) tetapi dapat menghasilkan panen yang cukup terbilang maksimal.

"Budidaya Ikan lele cukup praktis dan tidak makan banyak biaya, Hanya menggunakan lahan 2x4 meter di pekarangan rumah dengan menggunakan terpal plastik, Namun hasilnya mampu memproduksi 500 hingga 600 kilo selama 2 bulan, Dengan kisaran harga 20.000 hingga 25.000 per kilo," ungkap Bang Warsif, Lebih dikenal warga dengan panggilan Chipung. Rabu (22/1).

Dari pantauan dilokasi ternak budidaya Lele milik Chipung di kampung Bogor RT 02/01 Desa Setia Mulya Tarumajaya, Lokasinya tidak luas tapi tertata dengan rapi tak ada bau ataupun keluhan dari warga sekitar, lantaran dia punya jurus jitu buat meningkatkan budidaya ternak Lele,

"Oh, Ternyata bukan hanya budidaya Lele yang digeluti Oleh Chipung dengan 4 orang pekerjanya, Ada Ikan Mas dan Mujair Nila"

"Alhamdulillah, Selain dapat menambah perekonomian keluarga tentunya, membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar khusus nya pemuda dan sekaligus belajar langsung, Agar nantinya mereka dapat membudidayakan/ternak Lele, Ikan Mas dan Mujair secara mandiri," ungkap chipung dengan ramah.

"Saya juga siap menerima pesanan Bibit Ikan dan Ikan yang Siap Panen," tandasnya.

Tambahnya lagi, Mengenai pangsa pasarnya, kita sudah banyak bekerja sama dengan pemilik rumah makan dan pengecer serta bekerja sama dengan salah satu distributor di kabupaten bekasi untuk pemasaran di wilayah bekasi dan sekitarnya.

"Dengan adanya budidaya ikan Lele ikan mas dan Mujair nila di kampung Bogor Desa Setia Mulya, Dirinya berharap kedepan perekonomian masyarakat Setia Mulya bisa bergerak naik sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih maju lagi, "harapnya.

Diakhir perbincangan dengan Chipung  peternak Lele yang terbilang sukses, Bahwa budidaya ternak lele sudah digelutinya lebih dari setahun lalu, Dalam perjalanan yang ada tentunya ada kendala dan kesuksesan dalam hal budidaya lele, Ikan Mas dan Mujair Nila itu hal yang umum, tetapi masih dalam batas kewajaran, Karena ada peluang bisnis dan menguntungkan dalam budi daya lele dan lainnya, Tentunya hal ini yang akan saya kembangkan lebih luas lagi dan menyebar di setiap titik kolam di tingkat RT/RW (perkelompok), pembinaan dan bibit nantinya kami siapkan,

"Bila perlu berharap kedepannya kita akan gandeng pihak pemerintahan Desa dan dapat dimasukan dalam program Bumdes  Setia Mulya," pungkas Chipung.

Sementara itu Pj Kades Setia Mulya saat dikonfirmasi terkait ada warganya yang telah aktif dan sukses menggeluti budi daya Lele dengan system terbarukan, kepada media menuturkan.

"Intinya klo memang bermanfaat dan bisa meningkatkan ekonomi, tentu kami selaku pemerintahan desa, Sangat mendukung," Ucap singkat Suseno Pj Kades Setia Mulya yang punya hobi ternak Lele Juga, Rabu (22/1)."(*)

Reporter: Cep
Editor: Luk

Diberdayakan oleh Blogger.