Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kapolsek Sei Sembilan Berikan Sosialisasi Dampak Karhutla Kepada Masyarakat

Add caption
Redaksibekasi.com- Riau: Kapolsek Sei Sembilan, Iptu. Pol. Iskandar, sangat gencar dalam sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak serta bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis (06/02/2020).

Iptu. Pol. Iskandar, juga menyampaikan kepada masyarakat sekitar mengenai jerat hukuman pelaku pembakar hutan atau pembuka lahan dengan cara membakar akan diproses hukum, disampaikan hukuman yang tertuang didalam undang-undang No.41 tahun 1999 yang menyatakan dengan tegas larangan membakar hutan dan lahan:
1). UU No. 41 tahun 1999 Pasal 78 ayat 3 "disebutkan pelaku pembakaran hutan dapat dijerat pidana dengan kurungan 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 5 Miliar Rupiah".
2). UU No. 18 tahun 2004 pasal 8 ayat 1 "disebutkan orang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar akan dijerat pidana dengan kurungan 10 tahun dan denda sebesar Rp. 10 Miliar Rupiah".
3). UU No. 32 tahun 2009 pasal 108 "disebutkan tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup, seorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar akan dijerat pidana dengan kurungan 3 tahun penjara dan denda 10 Miliar Rupiah". imbuhnya.

Kapolsek Sei Sembilan  juga menyatakan kepada Team Cyberone diruang kerjanya bahwa sosialisasi ini disampaikan kepada warga masyarakat Sei Sembilan agar tidak ceroboh dalam melakukan pembakaran atau membuka lahan dengan cara-cara yang salah, maka kami beserta jajaran Bhabinkambitmas Polsek Sei Sembilan memberikan arahan kepada warga masyarakat dapat memahami serta mengerti dampak Karhutla serta sangsi pidana bagi mereka yang melanggar dan melawan hukum.

Kapolsek  memerintahkan jajarannya selain memberikan pengertian kepada warga masyarakat sekitar juga memasang spanduk larangan dan menghimbau kepada masyarakat agar peran serta melarang dan atau berani melaporkan jika melihat juga mengetahui adanya orang-orang yang dengan sengaja membakar hutan atau membuka lahan dengan cara dibakar segera melaporkan kepada Polsek Sei Sembilan atau dapat menghubungi langsung nomor telpon tanggap darurat atau langsung ke 081312123794 "nomor telpon pribadi saya" tegas Kapolsek.

Jadi jika ada masyarakat atau pengusaha yang nantinya melanggar atau melawan hukum dengan sengaja melakukan pembakaran hutan atau membuka lahan dengan cara dibakar, kami tidak mengerti alasan-alasan mereka dalam hal apapun maka kami akan tindak tegas. "ucap orang nomor satu di Polsek sei sembilan."(*)

Reporter: Hendri
Editor: Luk
Baca Juga