PANGKOARMADA III TERIMA KUNJUNGAN KERJA TIM BPK RI - Redaksi Bekasi

IKLAN ATAS

Ahmadi Setia Mulya Tarumajaya

PANGKOARMADA III TERIMA KUNJUNGAN KERJA TIM BPK RI

Kunjungan kerja Tim BPK RI 
Redaksibekasi.com- Sorong: Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menerima kunjungan kerja Tim BPK RI yang diketuai Bp. Joko Wibowo di Vip Room Markas Panglima, Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (10/2/2020).

"Kenjungan kerja tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan di Koarmada III, Pasmar 3 dan Lantamal XIV Sorong selama satu minggu.

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Ahmad Faisol, S.Sos., M.M., Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu, Inspentur Koarmada III Kolonel Laut (T) Sandhy Rodeman Aipassa, S.E., M.M., dan para Asisten Panglima Koarmada III. Sementara Tim BPK RI terdiri dari Ketua Tim dan delapan orang anggota.

Pangkoarmada III menjelaskan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Divisi-3 Kostrad, Komando Armada III, Koopsau III, dan Pasmar 3 yang diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., pada hari Jumat, 11 Mei 2018 di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1, Kota Sorong, Papua Barat, sekaligus melantik Laksamana Muda TNI Ariawan, S.E., M.M., sebagai Panglima Koarmada III yang pertama.

Koarmada III memiliki tugas menjaga kedaulatan dan keutuhan negara di wilayah kerjanya. Wilayah kerja Koarmada III seluas 2.015.884 KM² dengan tanggung jawab kawasan perairan laut dari Ambon ke Merauke dan mempunyai dua Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), yaitu ALKI II (dari Laut Sulawesi ke Selat Lombok) dan ALKI III (ALKI III A dari Laut Maluku ke Laut Sawu, ALKI III B dari Laut Maluku ke Laut Banda dan ALKI III dari Laut Maluku ke Laut Arafuru). Wilayah kerja tersebut terletak di jalur pendekat di antara Benua Asia dan Australia dan Samudera Hindia dan Pasifik dengan ALKI II dan ALKI III.

Koarmada III terdiri dari 4 Lantamal, yaitu Lantamal IX di Ambon, Lantamal X di Jayapura, Lantamal XI di Merauke dan Lantamal XIV di Sorong, 7 Lanal, yaitu Lanal Tual, Lanal Biak, Lanal Ternate, Lanal Saumlaki, Lanal Aru, Lanal Timika, Lanal Morotai, serta 2 Faslitas Pemeliharaan Pangkalan (Fasharkan) yaitu Manokwari dan Ambon. Pada umumnya, Pangkalan TNI Angkatan Laut memiliki fasilitas labuh, rumah sakit, mampu mendukung bekal ulang. Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk

Diberdayakan oleh Blogger.