Terbaru

6/recent/ticker-posts

Peringati HPSN 2020, Camat Tarumajaya Bersama PJB UP Muara Tawar Dan Pramuka Giat Bersih Lingkungan, Ini Kata Dwy Sigit Andrian

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati rutin setiap 21 Februari.
Redaksibekasi.com- Tarumajaya: Hari ini masyarakat Indonesia sedang memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati rutin setiap 21 Februari. Camat Tarumajaya bersama PT. PJB UP Muara tawar dan ratusan anak-anak Pramuka Kwaran Tarumjaya turut ambil bagian dalam monentun HPSN 2020 dengan. Giat kerja bakti pembersihan sampah dilaksanakan di Sepanjang Jalan raya Tarumajaya kabupaten Bekasi. Jumat (21/02/2020).

"Kegiatan kerja bakti ini bersama PjB Muara Tawar dan ratusan siswa-siswi Pramuka kwaran Tarumjaya untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, Dengan Tema Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah," Kata Dwy Sigit Andrian Camat Tarumajaya di lokasi kegiatan kerja Bakti, Jumat (21/2/2020).

Dikatakan Camat Sigit, Kegiatan Kerja bakti bersih-bersih sampah di wilayah Tarumjaya dan sekitarnya merupakan agenda rutin pada setiap giat Jumsih (Jumat bersih), Akan tetapi kegiatan Kerja bakti  kali ini bersama PJB muara Tawar dan siswa-siswi Pramuka sekaligus, Sekaligus Ikut ambil bagian untuk memperingati  Hari Peduli Sampah Nasional ini 2020.

"Menjaga lingkungan bersih menjadi tanggung jawab kita bersama, Yah, Masyarakat juga harus ikut berpartisipasi dan peduli terhadap lingkungan, dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat dan meminimalisir penggunaan Kantong plastik," ungkap Camat Tarumajaya.

Dikatakan Camat Sigit, Hari ini kita ajak elemem masyarakat turun kejalan untuk membersihkan sampah yang berada di sepanjang Jalan taruma jaya (depan Kantor Kecamatan) dan sekitarnya, Kegiatan Kerja bakti ini dilengkapi dengan alat-alat kebersihan dengan menggunakan Karung yang bertuliskan Sampah organik, Non organik dan sampah B3, serta dilengkapi dengan Sapu, skop dan lainnya.

"Yah, dari hasil pengumpulan sampah nantinya akan di angkut oleh UPTD Dinas kebersihan dan selanjutnya di bawa ke Tempat pembuangan sampah akhir, Mari kita jaga lingkungan kita agar  tetap bersih dan bebas dari Sampah," imbuhnya.

"Sesuai tema HPSN 2020 bekerja sama dengan PJB Muara Tawar, Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah," pungkas Dwy Sigit Andrian Camat Tarumajaya.

Diketahui sejurus dengan acara HPSN 2020, Hari ini masyarakat Indonesia sedang memperingati Hari Peduli Sampah Nasional diperingati rutin setiap 21 Februari.

Melansir dari Kementerian Lingkungan Hidup, peringatan ini dicanangkan pertama kali pada 21 Februari 2006 oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai Hari Peduli Sampah.

Latar belakang munculnya ide peringatan tersebut muncul juga adanya desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 lalu.

Pada saat itu di Leuwigajah terdapat tumpukan sampah yang menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan munculnya ledakan gas metana pada tumpukan sampah.

Akibat tragedi tersebut setidaknya 157 nyawa melayang dan dua kampung yaitu Cilimus dan Pojok hilang dari peta karena tertimbun longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah.

Tragedi yang merenggut nyawa tersebut kemudian memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat pada tanggal 21 Februari saat insiden terjadi. Seperti yang kita ketahui, sampah telah menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global."(*)

Reporter: Red
Editor: Luk
Baca Juga