Warga Dibuat Resah Banyak Bulu Ayam, Kasi Trantib Karang Bahagia Bakal Panggil Dan Tegur Pemilik Kandang Ayam Di Sepanjang Kali Cikarang - Redaksi Bekasi

IKLAN ATAS

Ahmadi Setia Mulya Tarumajaya

Warga Dibuat Resah Banyak Bulu Ayam, Kasi Trantib Karang Bahagia Bakal Panggil Dan Tegur Pemilik Kandang Ayam Di Sepanjang Kali Cikarang

Lapak Kandang Ayam Boiler/Ayam potong
Redaksibekasi.com- Sukatani: Maraknya pengusaha besar yang bersembunyi di balik bangunan kumuh dan terkesan seolah-olah sebagai pengusaha kecil dan lemah yang berada di sepanjang bantaran kali atau di sekitaran Daerah aliran sungai (DAS) diwilayah Kampung Blokang Desa Karang Sentosa kecamata Karang bahagia, bila dilihat sekilas, hanya pemandangan tukang ayam potong biasa dan lapak rongsok biasa, Irosnisnya hal ini sudah lama terjadi tanpa ada sentuhan Dinas Kesehatan yang mengawasi Rumah potong Hewan unggas, Dinas koperasi, pihak PJt, serta yang utama tentunya Satpol PP Kabupaten bekasi sebagai penegak Perda.


"Oh... Ternyata hal tersebut sebagai kedok belaka, bisa jadi untuk menghindari pajak dan seolah-olah sebagai pengusaha kecil, Tetapi didalamnya setiap lapak Kandang Ayam Boiler/Ayam potong, Ternyata ada transaksi ratusan juta rupiah setiap harinya, Hal itu terpantau pada saat awak media melihat ratusa ayam siap konsumsi/ayam potong yang dikirim melalui Truk Besar, masuk ke dalam Kandang Salah seorang pengusaha Ayam potong," Hal itu terpantau dari pengamatan tim media redaksibekasi.com di lapangan.

"Banyaknya pengusaha ayam potong yang berada di kampung blokang RT 02/01 desa karang sentosa kecamatan Karang Bahagia sepanjang jalan raya cikarang sukatani yang diduga mencemari Kali Cikarang, Lantaran Membung Bulu ayam dan darahnya serta isi kotoran usus dibuang langsung ke Kali," ungkap ibu imih warga kampung Blokang yang bosan dan bingung mau ngadu ke mana soal pembuangan limbah ayam potong, Jumat (7/2/20),

Dikatakan Ibu Imih, Sejak tahun 1998 Kali cikarang menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar, karena air kali masih Jernih dapat dimanfaatkan untuk Cuci dan mandi, Dulu Kalinya Jernih tanpa limbah terutama bulu dan kotoran serta darah ayam.

"Eh, Sekarang pas ada pengusaha ayam potong, kali cikarang kotor dan jorok selain sampah saat ini ada banyak bulu-bulu yang pada ngambang dikali cikarang, Khawatir kan nanti klo buat mandi pada gatel-gatel," tandasnya.

"Yah, Tolonglah pemerintah peduli dengan masyarakat kecil, Pengusaha ayam potong semakin berkembang, Bulu ayam makin banyak yang ngambang, Pikirin kesehatan warga atuh," ungkap ibu Imih warga Blokang.

Sementara itu, Awak media mencoba Konfirmasi kepada Pengusaha Ayam potong yang terbilang Sukses di bantaran kali Cikarang Kampung Blokang,

"kalau soal perizinan sudah lengkap dan  saya sudah urus, Bahkan saya kalau  masalah bulu ayam saya kumpulkan di karung dan kalau darah kan saya bikin penampungan jadi tidak langsung buang darah nya ke kali cikarang," Ungkap Bos Gimin yang seolah telah mengantongi izin kandang ayam dan pemotongan Ayam di DaS Kali Blokang.

Dalam kesempatan itu awak media, tidak menanyakan izin yang dimaksud Bos Gimin, apakan izin RT/Rw, Izin Dinkes, Izin PJT atau izin perdagangan atau izin lainnya.

Sejurus dengan persoalan kandang Ayam Potong yang jumlah puluhan di sepanjang bantaran Kali Cikarang, Awak media mencoba mendatangi kantor desa karang sentosa, Untuk konfirmasi ke kaur pemerintahan terkait perizinan.

"Pa Lurah dan Pa Kaur Pemerintahan sedang keluara pak. Bapak isi buku tamu aja nama media dan no telepon," ujar staf Desa Karang Sentosa. Jumat (7/2)

Selanjutnya agar pemberitaan berimbang, Bukan hanya dari warga yang Komentar, Awak media mendatangi kantor Kecamatan karang bahagia terkait Kandang Ayam potong yang semakin menjamur di bantaran kali Cikarang, Untuk konfirmasi ke kasi ekbang, Akan tetapi lagi-lagi kasi Ekbang tak ada di tempat yang pada akhirnya berjumpa dengan Dastim Selaku Kasi Trantib Kecamatan Karang Bahagia.

"Siap, Nanti Kandang Ayam milik BOs Gimin akan saya tegur, terkait keluhan warga dan konon katanya sudah lengkap izinnya," ungkap Kasi Trantib Kepada Awak Media.

Catatan, Kami berharap, Agar Anggota Dewan dan pemkab Bekasi melalui dinas terkait untuk melakukan Sidak langsung, Tentunya apabila pengusaha ayam potong sepanjang kali cikarang di Kampung Blokang Desa Karang Sentosa dan daerah lainnya yang diduga turut ambil bagian dalam pencemaran kali Cikarang, tentunya diberi tindakan dan sangsi tegas."(*)

Reporter: Abidin
Editor: Luk

Diberdayakan oleh Blogger.