Terbaru

6/recent/ticker-posts

AAL Siapkan Enam Tarunanya Ikuti Ajang Debat Bahasa Ingris

Add caption
Redaksibekasi.com- Surabaya: Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam hal ini Depatemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Depiptek) menyiapkan enam orang Taruna dan Taruni AAL tingkat lll dan ll untuk mengikuti ajang Debat Bahasa Ingris pada bulan Maret 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadepiptek) AAL Kolonel Laut (P) Dr. Isworo Sutristyanto saat meninjau  Latihan Intensif Bahasa Ingris di Laboratorium Bahasa, Depiptek, Kesatrian AAL, Surabaya, Minggu (1/3).

Menurutnya, kegiatan latihan intensif debat Bahasa Inggris dan sparing dengan beberapa tim dari universitas di Surabaya ini, sebagai persiapan STTAL Debate Competition yang akan diselengharakan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka Diesnatalis pada 9-10 Maret 2020 mendatang.

"Kita saat ini, tengah menyiapkan enam Taruna, yang terbagi dalam dua tim, tiga orang diantaranya Taruna Tingkat ll dan tiga orang Taruna tingkat lll dengan dua instruktur profesional dari AAL dan satu dari luar," terang Isworo.

Pada latihan kali ini lanjutnya, para Taruna diberikan materi Government Should Invest On Nasionalism Movie. Dengan materi ini, mereka dipacu untuk mengungkapkan penguasaan pengetahuan tentang materi dan keterampilan dalam berdebat, menyerang dan mengcounter secara bebas dengan dipandu para instruktur.

Isworo menekankan pada pada para Taruna untuk memperhatikan hal penting dalam debat yaitu, penguasaan materi dari topik topik terkini, materi berargumentasi, cara menyampaikan pendapat dan cara atau teknik debatnya termasuk tugas dari masing anggota dalam tim.

"Satu hal yang penting, Debater harus banyak membaca literatur baik buku, media online, koran, radio, nonton TV berita dan literatur lainnya, sehingga dapat menyajikan argumentasi dengan penalaran yang logis dan berdasar," terang Isworo.

Ia berharap, tim yang dikirim tahun ini bisa berbuat yang terbaik, fokus, tampil tanpa beban dan mengeksplor kemampuannya dengan baik.

"Tahun lalu diajang yang sama, AAL menjadi Juara The Best Speaker, semoga tahun ini bisa mempertahankannya dan meraih kategori lainnya," pungkasnya."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk
Baca Juga