Terbaru

6/recent/ticker-posts

Menjelang Puncak Latihan, Peserta Latkamla Menyusun Analisa Tugas Pokok

Add caption
Redaksibekasi.com- Surabaya: Menginjak hari ke-3 latihan latkamla para peserta mulai menyusun Analisa Tugas Pokok (ATP) setelah sebelumnya mendapat briefing awal dari Dansatgaskamla di Kolat Armada II, Kamis (5/3).

Penyusunan ATP, Petunjuk Perencanaan dan Perintah Persiapan, menurut Penasihat Latihan sekaligus Ketua Tim Peninjau Kolonel Laut (P) Hadi Pranoto adalah langkah awal yang dilakukan sebelum pengambilan keputusan oleh pimpinan dalam suatu operasi menyangkut keamanan laut.

“Ini sangat penting karena nantinya akan dijadikan pedoman oleh para prajurit dan perwira yang terlibat dalam satgas untuk mengetahui tugas pokok masing-masing. Jadi memudahkan prajurit mengetahui apa tugas mereka dan harus berbuat apa, “ terang Kolonel Hadi.

Hadi lantas menambahkan untuk Jukcan dan Prinsiap ikut memudahkan prajurit mengetahui gambaran rencana dan strategi operasi yang akan dilakukan mereka. “Semua saling terkait, karenanya setiap personel yang terlibat latkamla ini diharapkan dapat mengikuti dan melaksanakan secara seksama tahap demi tahap latihan, “ ujar Hadi.

Sementara itu sebelumnya pada Rabu (4/3) sore, Wadirlat Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo mewakili Direktur Latihan Laksda TNI Heru Kusmanto memberikan direktif kepada Dansatgaskamla, untuk segera menyusun dan merencanakan operasi kamla, melaksanakan pengendalian operasi serta berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya.

Juga laksanakan operasi laut dan patroli udara dan melaksanakan prosedur penindakan pelanggaran di laut. Sementara untuk pangkalan, laksanakan dukungan kepada satuan-satuan operasi kamla serta berkoordinasi dengan instansi terkait di wilayah kerjanya."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk
Baca Juga