Terbaru

6/recent/ticker-posts

Cara Membuat Masker Jahit Mencegah Penularan Virus Corona

Cara Membuat Masker Jahit Mencegah Penularan Virus Corona

Di saat wabah penyebaran corona seperti sekarang ini, salah satu barang yang sangat dibutuhkan adalah masker. Bahkan sebelum sangat parah hingga sekarang, kekurangan suplay dan juga kenaikan harga untuk masker sudah dialami di awal tahun. Sehingga hal tersebut membuat banyak orang kesusahan untuk mendapatkan masker yang efektif untuk mencegah penularan virus covid-19. Kelangkaan masker tersebut tentu saja menjadi hal yang tidak baik karena untuk mencegah penularan virus yang lebih efektif, ketika keluar akan sangat disarankan untuk menggunakan masker. Sehingga salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat masker sendiri.

Di pasaran Anda juga dapat untuk menemukan jenis masker yang dijual akan tetapi bukan masker yang dapat memberikan keunggulan efektif pencegahan virus covid-19 seperti masker N95 atau masker bedah. Sehingga daripada membeli di luar, Anda bisa untuk membuat masker sendiri. Dimana ketika akan membuat masker sendiri tersebut ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar mendapatkan jenis masker yang tepat. Untuk jenis masker yang dapat dibuat sendiri ada dua yaitu masker yang tanpa jahit dan yang kedua adalah yang dijahit. Kedua masker tersebut mempunyai keunggulan masing-masing sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk masker yang dapat dipilih dan dibuat sendiri adalah masker jahit. Masker ini merupakan jenis masker yang cocok digunakan untuk wanita yang berjilbab. Sehingga penggunaannya akan dapat sesuai dengan kebutuhan. Masker ini nantinya akan ditalikan ke belakang, berbeda dengan jenis masker yang tidak dijahit yang penggunaannya akan diselipkan di telinga. Oleh karena itulah bagi wanita yang berhijab bisa untuk membuat masker sendiri yang mudah untuk dapat mencegah penularan virus corona.

Dimana ketika akan membuat masker jahit yang menggunakan model tali ini, beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut ini:

  • Bahan pertama yang perlu dipersiapkan adalah jarum dan juga benang. Bagi Anda yang mempunyai mesin jahit juga bisa menggunakan mesin jahit untuk hasil yang rapi, sedangkan yang tidak mempunyai mesin jahit juga bisa menggunakan cara manual.
  • Bahan selanjutnya adalah menyiapkan bahan dasarnya yaitu kain katun yang merupakan jenis paling cocok digunakan untuk masker.
  • Bahan lainnya adalah empat strip kain katun yang akan digunakan sebagai pengikat kain.
  • Bahan lainnya adalah peniti, penjepit, dan juga gunting.


Setelah menyiapkan bahan tersebut, maka selanjutnya adalah dapat untuk membuat masker yang dapat digunakan dengan cara berikut ini:

  • Cara pertama adalah dengan mencuci kain sehingga bersih dan keringkan terlebih dahulu.
  • Mengukur panjang kain yang dapat menutupi hidung, mulut, dan dagu Anda. Siapkan untuk ikatan masker dengan panjang sekitar 45 cm.
  • Jahit kain untuk masker utama dan juga pengikatnya hingga menyatu dan pastikan bahwa jahitan tersebut cukup kuat untuk digunakan.
  • Masker siap untuk digunakan.

Cara di atas memang merupakan cara termudah untuk membuat masker jahit yang dapat mencegah penularan corona. Akan tetapi selain penggunaannya yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah cara penggunaannya. Seperti misalnya dapat untuk menggunakan masker tersebut maksimal selama 4 jam ketika digunakan di luar, mencucinya setelah sampai di rumah, menggunakannya ketika ke luar rumah, dan juga mencuci tangan setelah melepaskan masker tersebut. Selain menggunakan masker, ada banyak cara pencegahan covid-19 lainnya yang dapat digunakan agar tidak tertular virus ini yang bisa dilihat cara lainnya di Halodoc.

Baca Juga