Terbaru

6/recent/ticker-posts

CARA PRAJURIT KOARMADA III OLAH TANAH JADI KEBUN TANAMAN BAHAN POKOK

Add caption
Redaksibekasi.com- Papua Barat: Seusai apel pagi, Kepala Staf Komando Armada III, Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, para Asisten Pangkoarmada III, Komandan Satuan dan Kepala Dinas Koarmada bersama seluruh prajurit, kembali merawat kebun tanaman bahan pokok untuk mendukung ketahanan pangan nasional di kawasan Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. Sambil mengolah tanah dan membajak kebun juga kesempatan menjaga kesegaran jasmani dengan berjemur.

Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah bersama prajurit merawat kebun.

Satu tahun yang lalu, para prajurit Koarmada III mengolah tanah lahan kosong dengan pembukaan lahan yang dilakukan secara manual. Dalam pembersihan lahan dilakukan melibatkan seluruh prajurit, terlebih lahan tersebut cukup luas. Alat yang digunakan sederhana, antara lain cangkul, parang, sabit dan lain sebagainya. Dengan demikian kesegaran jasman juga terawat.

Setiap hari Selasa seusai olah raga pagi memanfaatkan waktu kurang lebih satu jam, para prajurit melaksanakan penggaruan tanah untuk menghancurkan gumpakan tanah keras di lahan tersebut. Setelah gumpalan tanah diratakan membuat struktur dan tekstur tanah menjadi lebih mudah untuk ditanami. Sebelum penggaruan tanah, telah dilakukan pemupukan organik terlebih dahulu. Saat terjadi penggemburan tanah inilah pupuk teraduk secara rata pada lapisan olahan tanah.

Didukung curah hujan yang teratur di Papua Barat, termasuk Kota Sorong, lahan bersih langsung ditanami berbagai jenis tanaman bahan pokok dan sayur-sayuran. Sudah menjadi rutinitas para prajurit melaksanakan pembajakan atau merawat kebun setiap habis olahraga pagi. Saat ini, perkebunan tanaman bahan pokok prajurit Koarmada III, yakni singkong dan jangung, ubi dan talas serta sayur-sayuran telah memberikan manfaat dalam rangka melaksanakan program TNI Angkatan Laut untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kadisharkap Koarmada III, Kolonel Laut (T) Edward Dermawan, R.P., S.T., M.M., memperlihatkan hasil panen singkong

Koarmada III juga bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Distrik Mariat, Kabupaten Sorong melaksanakan program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan. Kegiatan ini memanfaatkan lahan garapan petani kurang lebih dua hektar yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Tumpang Sari Satu dan Kelompok Tani Tunas Harapan Dua di Kelurahan Klaru dan Kelurahan Klamalu dengan melaksanakan penanaman jagung jenis hibrida dan jagung jenis komposit dimana keduanya merupakan salah satu jenis varietas unggul.

Sebanyak dua orang anggota Kowal Koarmada III memetik sayur
Kerja sama Dispotmar Koarmada III tersebut merupakan bukti nyata bahwa pembinaan ketahanan wilayah dapat mewujudkan kesejahteraan petani dan dapat menjamin ketersedian logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan negara dan kesejahteraan masyarakat. Kerja sama Dispotmar Koarmada III tersebut terus berlanjut sebagaimana yang diharapkan Sekda Kabupaten Sorong Ir. Mohammad Said Noer ketika menghadiri panen bersama petani binaan Koarmada III satu tahun yang lalu (23 April 2019). Sekda Pemkab Sorong menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sorong menyambut baik berbagai upaya yang telah diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Koarmada III antara lain membina petani sehingga hasil pertanian Kabupaten Sorong meningkat."(*)

Reporter: Erizal
Editor' Luk
Baca Juga