Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kades Sukamantri Adakan Giat Padat Karya Tunai Bersihkan Saluran Air

kegiatan padat karya tunai
Redaksibekasi.com- Tambelang: Kepala Desa Sukamantri Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi Jawa Barat Eko Kosasih, A.Mk mengadakan kegiatan padat karya tunai pada sabtu, (18/04/2020).

"Ini merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ungkap pria yang sudah tiga periode menjabat pada redaksibekasi.com disela kegiatan.

Dikatakannya, Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.
"Selain untuk pembangunan desa, Dana Desa juga dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat.
"Dengan pemberdayaan, diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan desa terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat, "ucapnya.

Lebih lanjut, Eko Kosasih mengatakan pelaksanaan program padat karya tunai di desa, diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, menggerakkan ekonomi desa, mengembangkan kawasan pedesaan serta membantu para petani dalam mengairi sawahnya. "Giat PKT saat ini, Kita fokuskan ke pembersihan saluran air agar dapat bermanfaat bagi petani dalam mengairi sawahnya, "jelasnya.

Pokok pelaksanaan program padat karya tunai di desa, Sambung Eko Kosasih, adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya (skema cash for work), yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes.

”Saya sebagai kepala desa selalu mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat, terutama dalam melaksanakan pekerjaan dana desa, yaitu dengan Padat Karya, dalam pelaksanaannya di bantu oleh SekdeS dan LPM monitoring pekerjaan agar sesuai dengan harapan dan usulan masyarakat,"pungkasnya."(*)

Reporter: Nilan
Editor: Luk
Baca Juga