Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal VIII Panen Ikan Air Tawar - Redaksi Bekasi

IKLAN ATAS

Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal VIII Panen Ikan Air Tawar

Add caption
Redaksibekasi.com- Sulawesi Utara: Saat ini dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19, yang berdampak pada sektor pendidikan, sosial dan ekonomi masyarakat. Di sektor pertanian, FAO sudah memperingatkan potensi krisis pangan global. Rantai pasokan pangan dunia juga terancam di tengah pemberlakuan karantina wilayah, pembatasan sosial besar-besaran dan larangan perjalanan. Untuk itu Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII melakukan program ketahanan pangan berupa budidaya ikan air tawar yang sudah memasuki masa panen pada Kamis (30/4) lalu.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas, terjun langsung bersama seluruh prajurit memanen ikan yang dibudidayakan di kolam sekitar markas, yang terletak di Jl. Yos Sudarso No. 1 Paal Dua, Manado.

“Ikan-ikan yang dipanen adalah hasil dari benih ikan yang sudah disebar beberapa bulan yang lalu. Adapun jenis ikan yang dipanen antara lain ikan patin dan bawal. Hasil panen ini semuanya akan dibagikan kepada seluruh prajurit dan PNS beserta keluarganya ,” ujar Donar, sapaan karibnya.

Lebih lanjut Donar mengatakan bahwa setelah panen perdana tersebut, kolam akan dirapikan, dibersihkan, dan baru ditebar benih ikannya. "Hal tersebut dilakukan supaya benih-benih ikan yang disebar dapat bertahan, dan berkembang sehingga beberapa bulan kedepan dapat dipanen kembali, "lanjut Donar.

Donar pun menambahkan bila program ketahanan pangan yang dilaksanakan, tidak lepas dari himbauan Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto agar jajaran Lantamal di Koarmada II peduli terhadap Covid-19, baik upaya menanggulangi penularannya tehadap masyarakat maupun mengatasi dampak yang ditimbulkannya bagi kelangsungan hidup masyarakat."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk

Diberdayakan oleh Blogger.