Tingkatkan Sinergitas, Pangkoarmada III Terima Kunjungan Kerja Rektor Unimuda - Redaksi Bekasi

IKLAN ATAS

Tingkatkan Sinergitas, Pangkoarmada III Terima Kunjungan Kerja Rektor Unimuda

Add caption
Redaksibekasi.com- Papua Barat: Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., di Markas Panglima Mako Koarmada III, Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (15/6). Pangkoarmada III didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah dan para Asisten Pangkoarmada III. Sedangkan Rektor Unimuda Sorong didampingi Wakil Rektor Doni Sudibyo, M.Pd., sejumlah Civitas Akademika Unimuda lainnya.

Kunjungan kerja Rektor Unimuda ke Koarmada III merupakan yang kedua kalinya. Kunjungan pertama tanggal 3 Juli 2019. Pada saat tersebut, Pangkoarmada III menjabat sebagai Kepala Staf Koarmada III, sehingga Pangkoarmada III dan Rektor Unimuda serta para Civitas Akademika Unimuda sudah bersinergi selama kurang lebih satu tahun, sesuai dengan tugas institusi masing-masing, antara lain pemberdayaan nelayan melalui pelatihan pembuatan jaring apung untuk budidaya ikan kakap putih.

Mengawali pertemuan tersebut, Pangkoarmada III menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kunjungan ini untuk silaturahmi pejabat utama Koarmada III dengan Civitas Akademika Unimuda. Meskipun kunjungan yang kedua kalinya, Pangkoarmada III tetap memperkenalkan para Asisten Pangkoarmada III berkaitan adanya beberapa serah terima jabatan yang baru. Demikian halnya dengan Rektor Unimuda juga memperkenalkan kembali segenap Civitas Akademika yang mendampinginya.

Sementara itu, Rektor Unimuda Sorong menyampaikan terimakasih atas penerimaan Pangkoarmada III bersama jajaran yang senantiasa suasana kekeluargaan dan bersahabat. Semoga sinergitas yang telah terjalin dengan baik sesuai dengan tugas institusi masing-masing dapat ditingkatkan untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta.

Rektor Unimuda Sorong mengharapkan juga adanya Perwira Koarmada III dapat mengajar di Unimuda. Berkaitan minat prajurit Koarmada III akan melanjutkan kuliah, Dr. Rustamadji, M.Si., mengatakan Unimuda Sorong sangat terbuka untuk prajurit Koarmada III yang akan melanjutkan kuliah. “Jadwal kuliah akan kami sesuaikan dengan tugas-tugasnya sebagai prajurit Koarmada III,” katanya. Dikatakan bahwa Unimuda merupakan perguruan tinggi terbanyak program studinya di Papua Barat dan Papua.

Unimuda berdiri pada tahun 2004, di usianya yang tergolong muda, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong yang kini beralih menjadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Unimuda) pada tahun 2017 dinobatkan oleh Kemenristek Dikti sebagai perguruan tinggi terbaik di Papua dan Papua Barat dari 65 perguruan tinggi negeri dan swasta.

Saat ini, Unimuda Sorong memiliki 16 Program Studi yang terdiri atas Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan PKn, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi/komputer, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Farmasi, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Peternakan, Agribisnis, Aquakultur, dan Hukum.

Selain itu, Unimuda Sorong juga menyelenggarakan 2 program profesi yaitu Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan Bersubsidi dan Pendidikan Profesi Guru Daerah 3T yang terdiri atas pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). “Di Indonesia sendiri, hanya ada 8 Universitas yang ditunjuk secara khusus oleh Kemenristek Dikti untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Daerah 3T, salah satunya Unimuda Sorong untuk kawasan Timur yang meliputi Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara,” jelasnya."(*)

Reporter: Erizal
Editor: Luk

Diberdayakan oleh Blogger.