Terbaru

6/recent/ticker-posts
Budiyanto PKS Bekasi

Komandan SSK Sektor 20 Citarum Harum Bersama BBWSC Dan BPD Tinjau Langsung Kegiatan Normalisasi Kali Cikarang Hilir

Kegiatan normalisasi kali cikarang hilir
Redaksibekasi.com- Sukatani: Kegiatan normalisasi kali cikarang hilir yang telah dibuka dan diresmikan oleh Komandan Sektor 20 Citarum Harum Kolonel Inf. Kukuh Hartono pada minggu, (05/07/2020). Komandan SSK Sektor 20 Citarum Harum Kapten. Cba. Romlih bersama Tim BBWSC Yogi Wiguna Rahman, ST dan Ketua Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) Desa Sukamulya Haji Bahrul Ulum tinjau langsung kegiatan normalisasi kali cikarang hilir pada senin, (06/07/2020).

Sementara itu, Komandan SSK Sektor 20 Citarum Harum Kapten. Cba. Romlih mengatakan kegiatan normalisasi kali cikarang hilir sedang berlangsung, dan Exavator kita arahankan untuk mengangkat sampah dan lumpur yang masih menumpuk di Kali Cikarang. Hari ini adalah hari kedua kegiatan normalisasi, Kita tinjau langsung baik pengerukan sampah maupun lumpur yang ada di Kali Cikarang Hilir, "ungkapnya kepada redaksibekasi.com pada senin, (06/07/2020).

Dikatakannya, saat ini sisi tanggul kali cikarang hilir hampir sama rata dengan aliran air kali, sehingga musibah banjir akan terus terjadi jika terus dibiarkan dan tidak di normalisasi. Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga kegiatan normalisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar, "katanya.

Lebih lanjut, Kapten. Cba. Romlih juga mengutarakan banyak sekali dukungan terhadap kegiatan ini, baik dari unsur Pemerintah Kecamatan, Desa maupun dari Subsektor 7 Koramil 10 Sukatani.

"Sangat mengapresiasi dukungan dari Ketua BPD Sukamulya Haji Bahrul Ulum yang begitu peduli terhadap kegiatan ini, terlebih Subsektor 7 Koramil 10 Sukatani yang kompak dalam setiap kegiatan,"bebernya.

Dirinya berharap, dengan kegiatan normalisasi ini musibah banjir yang sering terjadi dapat diatasi, bahkan sawah petani juga dapat terairi dengan baik. Program ketahanan pangan dapat terwujud, dan petani juga dapat panen 3 kali dalam setahun,"harap Kapten. Cba. Romlih.

Ditempat yang sama, Tim Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Yogi Wiguna Rahman, ST mengatakan awal sasaran yang dilakukan oleh BBWSC adalah fisik dan non fisik, pembersihan aliran sungai dari sampah dan sedimentasi endapan lumpur yang perlu diangkat.

"Sasarannya adalah aliran sungai atau kali yang memang dipenuhi sampah dan sedimentasi endapan lumpur sehingga terjadi pendangkalan,"terangnya kepada redaksibekasi.com

Seringnya banjir, lanjut Yogi Wiguna banyaknya tumpukan sampah dan eceng gondok yang berada disisi kali, yang mengakibatkan aliran air tersumbat dan tidak lancar.
"Dengan normalisasi ini, semoga aliran sungai menjadi lancar, dan kebutuhan petani akan air juga terpenuhi, "katanya.

Dikatakannya, awal kegiatan normalisasi adalah usulan masyarakat melalui Subsektor 7 Koramil 10 Sukatani dilanjut pertemuan dengan Kepala Desa tentang tekhnis kegiatan dilapangan. Yang terpenting dukungan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, "jelasnya.

Ketua BPD Sukamulya Haji Bahrul Ulum mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kegiatan normalisasi tersebut, sehingga kedepan tidak ada banjir lagi di Wilayah Sukamulya khususnya. "Kami mewakili masyarakat, sangat berterima kasih atas kegiatan normalisasi, berharap kedepan tidak terjadi banjir lagi, "ungkap pria asli sukamulya.

Dikatakannya, masyarakat Desa Sukamulya sangat mendukung kegiatan normalisasi yang dilaksanakan oleh Citarum Harum Sektor 20 Subsektor 7 Koramil Sukatani bersama BBWSC. "Pada intinya masyarakat sangat mendukung, kegiatan normalusasi, "terangnya.

Dirinya berharap, kepada warga masyarakat desa sukamulya agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke kali cikarang yang mengakibatkan terganggunya aliran air. Setelah dinormalisasi, Mari Kita jaga kebersihan lingkungan dan jangan buang sampah ke Kali Cikarang, "tutupnya."(*)

Reporter: Nilan
Editor: Luk