Terbaru

6/recent/ticker-posts

Menjadi Politisi Yang Amanah Dan Profesional Dalam Bekerja

Budiyanto, S. Pi. Anggota FPKS DPRD Kabupaten Bekasi

Redaksibekasi.com- Bekasi: Sebagai orang yang mendapatkan amanah menjadi wakil rakyat yang terpikir setiap saat adalah bagaimana bisa menjalankan amanah dan bekerja secara profesional sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat. 

Tidaklah mudah mewujudkan niat tersebut terlebih saya punya cita-cita besar menjadi anggota DPRD terbaik di Indonesia, tujuannya InsyaAllah untuk menjadi teladan bagi diri sendiri dan seluruh rakyat di Indonesia, membuktikan bahwa amanah ini bisa di pertanggung jawabkan dengan baik kepada seluruh masyarakat baik yang memilih maupun bukan pemilih.

Bagi sebagian masyarakat menjadi anggota DPRD adalah keistimewaan dan memiliki jabatan prestise. Prestise karena posisinya yang bergensi dimata masyarakat. DPRD adalah jabatan yang terhormat, terhormat karena pilihan rakyat. Kepercayaan rakyat melekat pada diri mereka.

Pada sistem tata negara di Indonesia menganut Trias Politika (pemisahan kekuasaan), DPRD adalah salah satu dari tiga unsur dalam pemerintahan dan disebut lembaga legislatif. Sementara dua lembaga lainnya disebut eksekutif dan yudikatif.

Legislatif memiliki kekuasaan besar dalam sebuah pemerintahan karena masuk sebagai unsur penyelenggara negara. Mereka memiliki tiga kekuasaan sekaligus, yaitu legislasi, budgeting, dan pengawasan.

Kekuasaan dan peran anggota DPRD sangat menentukan arah pembangunan dan hajat rakyat. Merekalah yang membuat peraturan atau perundang-undangan ditingkat pusat dan peraturan daerah ditingkat Kabupaten/kota dan provinsi.

Mereka juga yang menentukan sebuah proyek pembangunan, apakah pembangunan ini-itu bisa dilaksanakan. Di mana, kapan dan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan. Mereka yang menentukan, apakah jalan poros Tarumajaya-Batujaya atau jalanan lainnya, dibeton, diaspal atau dibiarkan saja jadi kubangan lumpur sepanjang waktu tanpa kepastian yang terukur.

Mereka juga yang mengawasi apakah proyek pembangunan berkualitas atau tidak berkualitas. Apakah jalan beton, gedung dan proyek lainnya dibangun sesuai perencanaan atau tidak. Bahkan seorang anggota DPRD dapat mengawasi perilaku, kerja-kerja, gaya kepemimpinan seorang Bupati. Mereka bisa menegur, menggurui dan bahkan “memarahi” Bupati jika berbuat salah dalam mengeluarkan kebijakan atau regulasi.

Kekuasaan legislatif hanya tiga. Tapi mereka menentukan hajat hidup kita semua. Berkembang atau majunya sebuah daerah sangat ditentukan oleh mereka-mereka. Jika mereka berkinerja baik, maka akan hiduplah rakyatnya dengan baik. Jika sebaliknya, derita rakyat akan menyertai sepanjang massa kita berkuasa.

Seorang politisi harus cerdas mampu merencanakan apa yang akan dilakukan dan melaporkan semua yang dikerjakan sebagai bentuk akuntabilitas publik yang harus di pertanggung jawabkan kepada masyarakat luas baik pemilihnya maupun bukan. 

Faktor keikhlasan sangat diperlukan sebagai seorang politisi, karena bekerja tuntas dalam tekanan dan persepsi yang multitafsir, terlalu banyak yang dkerjakan kadangkala terkesan dianggap riya', sementara kewajiban seorang politisi adalah bekerja keras dan cerdas tanpa batas sampai semuanya akan terlihat pantas. 

Bukan kemudian kita khawatir dianggap riya' kemudian kita tidak bekerja maksimal dan kemudian tidak melakukan langkah akuntabilitas publik berupa tidak melaporkan semua hal yang dikerjakan, justru ini menyesatkan dan merugikan nama baik pribadi dan juga nama partai.

Do'akan dan dukung kami jika kinerja selama ini memberikan manfaat, dan ingatkan jika masih banyak kekurangan,perlu di evaluasi,  semoga Allah Swt berkahi semua ikhtiar ini dalam menjalankan amanah dan berupaya bekerja secara profesional menjadi wakil rakyat."(*)

Reporter: Nilan
Editor: Luk
Baca Juga