Terbaru

6/recent/ticker-posts

Gerakan World Clean Up Day, Camat Sukakarya Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Bersih Dan Sehat

Redaksibekasi.com- Sukakarya: Dalam rangka memperingati hari sampah sedunia World Clean Up Day yang digalakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup, Camat Sukakarya Encun Sunarto, SE. MM mengajak masyarakat budayakan hidup bersih dan sehat. Kegiatan tersebut, serentak digelar oleh tujuh desa yang ada dikecamatan sukakarya.

"Ya hari ini kita serentak adakan gerakan world clean up day,"ucapnya kepada redaksibekasi.com pada sabtu, (19/09/2020).

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup mengampanyekan gerakan World Clean Up Day dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020.

"Ini atas arahan Bapak Bupati Bekasi, untuk melaksanakan kegiatan tersebut," tutur Camat Sukakarya.

Lebih lanjut, Encun Sunarto menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan aksi nyata serta aktualisasi kerja sama antara Pemerintah Kecamatan Sukakarya dengan seluruh Desa yang ada serta masyarakat.

“Gerakan ini diharapkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan gerakan gotong royong di masing-masing desa serentak pada hari Sabtu, 19 September 2020, ”terang mantan Kabid Disnaker ini.

Ditambahkannya, Hal lain yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kebersihan di wilayah masing-masing, mengelola dan memilih sampah ramah lingkungan, dan tidak membakar serta membuang sampah secara sembarangan.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk meningkatkan budaya bersih dan sehat serta budaya gotong royong perlu ditingkatkan kembali," harapnya.

Dirinya berharap, dengan World Clean Up Day ini, masyarakat dapat memahami tentang prilaku hidup bersih dan sehat, sehingga tercipta lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

“Kita berharap Masyarakat berpartisipasi dalam gerakan ini, sehingga prilaku hidup bersih dan sehat akan terwujud, "tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaindah Endang Syuhada, ST mengatakan membudayakan pada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat terutama untuk masalah kebersihan individu dan kebersihan lingkungan. "Menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, hubungannya dengan status pandemik seperti sekarang di mana dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat Insya Allah penyebaran Corona covid-19 akan terminimalisir,"ucap Endang Syuhada kepada redaksibekasi.com pada sabtu, (19/09/2020) usai kegiatan.

Dikatakannya, perkembangan penyebaran covid19 saat ini sudah semakin mengkuatirkan mudah-mudahan desa sukaindah selalu ada dalam status zona hijau tidak ada masyarakat warganya yang terpapar Oleh covid-19.

"Oleh karena itu mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini, dapat membudayakan serta membiasakan Masyarakat khususnya desa sukaindah untuk hidup bersih dan sehat,"tuturnya.

Lebih lanjut, Endang Syuhada menyampaikan kita sudah tahu bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada Iman oleh karena itu, betul-betul perlu kita tingkatkan.

"Saya berharap mudah-mudahan dengan kegiatan ini, masyarakat mengerti dan menjaga PHBS, Semoga Desa Sukaindah tidak ada satupun masyarakatnya yang terpapar positif covid 19,"tutupnya."(*)

Reporter: Nilan

Editor: Luk

Baca Juga