Terbaru

6/recent/ticker-posts

Harga Bersaing, UMKM Canting Ayu Siap Penuhi Permintaan Batik Khas Bekasi

Redaksibekasi.com- Tambun Selatan: Banyak yang tidak mengetahui keberadaan UMKM Canting Ayu, yang terletak di Perumahan Taman Tridaya indah 1 blok b12 nomor 02 RT 03, RW 09. Jalan  Raflesia 4 Desa Tridaya Sakti kecamatan Tambun Selatan. Kecuali Dinas UMKM dan Koperasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Hal tersebut dikarenakan UMKM Batik Canting Ayu merupakan hasil binaan Dinas UMKM dan Koperasi. Dalam upaya menciptakan entrepenuer/pengusaha Batik Khas Bekasi dalam program kerja Bupati terpilih, Neneng Hasanah Yasin pada 2017 lalu. Sekaligus sebagai upaya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

Dalam kendali Bupati Bekasi Sisa Masa Jabatan, H. Eka Supria Atmaja. UMKM batik mendapat perhatian tersendiri. Yakni dengan terbitkannya surat edaran (SE) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Kab. Bekasi untuk menggunakan batik khas Bekasi pada setiap hari Jum'at.

Tak pelak, SE Bupati Bekasi tersebut memberikan keberkahan kepada UMKM Batik Canting Ayu. Salah satu UMKM Batik Bekasi yang mampu bertahan dalam terpaan gelombang ekonomi yang tidak menentu serta dalam situasi pandemi covid-19.

UMKM Canting Ayu, telah berbentuk Koperasi dan beranggotakan 20 orang penduduk sekitar perumahan Tridaya 1. Kini menatap penuh optimis akan perkembangan batik khas Bekasi.

"Alhamdulillah, berkat SE tersebut, banyak order yang kami terima." Ujar Sarbiyah, penggagas UMKM Canting Ayu. Sabtu, (12/09) kemaren.

Menurutnya, sebelum adanya SE Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja. Pemasaran Batik Khas Bekasi produksi Canting Ayu melalui pameran-pameran yang diadakan dan diikuti dinas-dinas yang ada di Pemda Kab. Bekasi. Selain dari penggunanaan account Facebook, Twitter dan Instagram pelaku UMKM Batik Canting Ayu serta Buka Lapak dan Lazada.

Pembelian batik bisa langsung ke rumah produksi UMKM Canting Ayu di Taman Tridaya 1. Karena hingga saat ini tidak memiliki galery batik sendiri.

"Belum ada modal untuk membuka galery sendiri." Ujar Widi, salah satu anggaota UMKM Batik Canting Ayu.

Produksi batik Canting Ayu saat ini berupa batik tulis dan batik cap. Yang menyebabkan harga batik Canting Ayu di atas harga batik Trusmi dari Cirebon atau batik Pekalongan ataupun batik Solo yang telah dikenal terlebih dahulu.

Namun jika dibandingkan dengan harga sesama produk UMKM. Harga batik UMKM Canting Ayu, mampu bersaing. Terbukti dengan adanya order batik khas Bekasi dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pendidikan, Dinas Pemukiman, Tata Ruang dan Pertanahan dan lain-lain.

"Total ada 7 dinas di Pemda Kab. Bekasi membeli produk batik UMKM Canting Ayu." Ujar Sarbiyah.

"Jika Bupati Bekasi jadi membuat Peraturan Bupati yang mewajibkan sekolah-sekolah menggunakan batik khas Bekasi dan membelinya dari UMKM. Kami berencana untuk belajar dan membeli alat printing batik guna memenuhi permintaan pasar." Tegas Widi.

Pendamping UMKM Provinsi Jawa Barat, Evi, yang juga pelaku UMKM Selendang Sulam. Mengharapkan pemerintah mampu menyediakan galery atau gedung untuk memasarkan produk-produk UMKM.

"Bimbingan Teknik untuk pembuatan Web Site guna pemasaran produk UMKM juga sangat kami butuhkan." Ujar Evi Meilina."(*)

Reporter: Man

Editor: Luk

Baca Juga