Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kepincut Batik Samara, Danramil 02/Tarumajaya Bersama Ibu-ibu Persit KCK Kunjungi Pelatihan Batik Samara Setia Asih

Danramil 02/Tarumajaya Kunjungan ke pusat batik samara

Redaksibekasi.com- Tarumajaya: Danramil 02/Tarumajaya Kapten inf Dicson Abislom bersama Istri (Ny. Vonny Lidya Kaunang-red) dan Ibu-ibu Persit KCK Ranting 03 Koramil 02/Tarumajaya, Melakukan kunjungan ke pusat pelatihan membatik di Desa Setia Asih, Tarumajaya, Kehadiran Kapten inf Dicson Abislom di Desa Setia Asih dan rombongan disambut hangat oleh HJ .Qomariah Sip selaku pengelola Batik Samara setia Asih.

Kegiatan kunjungan Kapten inf Dicson Abislom ke Desa setia Asih merupakan kegiatan pertama sebagai Danramil 02/Tarumajaya yang baru, Dimana sebelum kunjungan Ke Setia Asih,  Danramil 02 Tarumajaya dan jajarannya  mengadakan kegiatan  Bakti sosial( pemberian sembako-red) membantu masyarakat dalam  penanggulangan pandemi covid -19 di desa Segara Makmur Tarumajaya Kab.Bekasi.

"Yah, Hari ini kami beserta rombongan sengaja hadir di Setia Asih (di tempat pelatihan Batik Samara Hj.Siti Qomariah-red), untuk ikut belajar membatik, Agar nantinya menambah keterampilan dan dapat dilakukan oleh ibu-ibu Persit KCK di lingkungan Koramil 02 Tarumajaya," Kata Kapten inf Dicson Abislom, Danramil 02 Tarumjaya yang baru menjabat dua  Minggu ini, Kamis (3/9).

Dikatakan Danramil 02/Tarumajaya, bahwa Kerajinan batik adalah budaya asli yang berasal dari Indonesia. Setiap orang akan berbeda hasilnya, tergantung pada goresan yang ditimbulkan. Batik tulis akan terlihat detailnya, agak lebih berbeda antara tiap motifnya, karena goresannya juga berbeda.

"Kita sebagai orang Indonesia harus dapat menjaga kebudayaan kita sendiri. Keterampilan membatik menggunakan canting dan menggoreskannya di atas kain juga tergantung pada bakat seni dari orangnya," pungkas Kapten inf Dicson Abislom, yang begitu kagum melihat para pengrajin batik memainkan jemari lentik menggunakan canting.

Dari pantauan, Danramil 02/Tarumajaya. Kapten inf Dicson Abislom Di dampingi istri tercinta sebagai Ketua persit Ranting 03 koramil 02 tarumajaya. Ibu Ny. Vonny Lidya Kaunang dan kedua anknya. Beserta ibu-ibu Persit.begitu semangat dan terampil mengikuti belajar membatik, sangat penasaran dan ingin belajar membatik. Sembari mempraktikkan cara membatik, dengan memegang canting dan membubuhkan lilin khusus untuk membatik.

Sementara itu, Ibu Hj.Siti Qomariah Sip, selalaku pengelola Batik Samara Setia Asih, memberikan apresiasi dan ucapan selamat bertugas kepada Kapten inf Dicson Abislom sebagai Danramil Tarumajaya yang baru, yang peduli dengan kegiatan di masyarakat adanya kerajinan batik tulis dan cetak Samara Setia Asih.

"Terimakasih kepada Danramil 02 Tarumajaya dan rombongan, yang telah mengunjungi pelatihan membatik di Setia Asih,  Semoga apa yang dilihat dalam pelatihan dapat di lakukan oleh Ibu-ibu Persit dan mejadi tambahan kegiatan keseharian di lingkungan Koramil 02/Tarumajaya, dan  Kami siap berbagi ilmu,"ujar pengelola Batik Samara.

Dikatakan Hj.Qomariah, kegiatan pelatihan membatik dilaksanakan selama tujuh hari, dimana pesertanya dari Ibu-ibu penggerak Kader PKK, dan Kader Posyandu Desa Setia Asih, Agar nantinya keterampilan membatik yang di miliki dapat memberikan tambahan penghasilan ekonomi keluaga.

"Yah, Tujuan pelatihan membatik , selain sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat, yang terpenting agar para kader PKK dan posyandu dan masyarakat sekitar yang sungguh-sunggh ingin memiliki keterampilan membatik dengan trampil,  Hasil akhir Agar berdaya guna dan manfaat serta menambah perekonomian keluarga," pungkas Hj.Qomariah Pengelola  Batik Samara Setia Asih."(*)

Reporter: Cep

Editor: Luk

Baca Juga