Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kades Sukamakmur, Kunjungi Sanggar Seni Tradisional Topeng Betawi

Redaksibekasi.com- Sukakarya: Kepala Desa Sukamakmur Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Wawan Kurniawan Mengunjungi Sanggar Seni Tradisional Topeng Betawi pada minggu, (25/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Wawan Kurniawan mengatakan pelestarian kebudayaan dan kesenian daerah perlu sekali dikembangkan dan dilestarikan agar tidak terkikis oleh jaman, kesenian topeng betawi adalah seni tradisional masyarakat yang perlu dan harus dilestarikan.

"Kesenian tradisional topeng betawi yang ada, harus dilestarikan dan dikembangkan,"ungkap Wawan Kurniawan kepada redaksibekasi.com pada minggu, (25/10/2020) saat mengunjungi sanggar seni topeng betawi kampung pulo panjang.

Dikatakannya, gambaran  tentang pelestarian kesenian tradisional topeng betawi dimasyarakat kampung pulo panjang desa sukamakmur, adalah Kesenian tradisional topeng betawi, Pementasan kesenian tradisional merupakan kebanggaan masyarakat.

"Memiliki kesenian tradisional dan Pelestarian kesenian tradisional topeng betawi, adalah tugas kita semua,"jelas pria satu orang putra ini.

Lebih lanjut, Wawan Kurniawan menuturkan upaya pelestarian kesenian tradisional antara lain mempelajari budaya sendiri, sehingga dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakulikuler dibidang seni di sekolah-sekolah dan juga dengan mendirikan  sanggar-sanggar seni sebagai tempat untuk belajar dan berlatih.

"Memperkenalkan kepada generasi muda, dengan cara memperkenalkan kembali agar semua pihak khususnya anak-anak muda lebih mengenal kesenian tradisional yang berada di daerah," tuturnya.

Ikut berpartisipasi, sambung Wawan Kurniawan apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan, Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain, menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, dan menumbuh kembangkan kesenian tradisional agar tidak terkalahkan oleh kesenian modern.

"Kampung Pulo Panjang merupakan salah satu kampung yang memiliki kesenian tradisional Topeng Betawi yang berada di Desa Sukamakmur Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi,"beber istri Dewi Yuliana ini.

Dirinya berharap, Kesenian ini memiliki keragaman baik dalam alat-alat, tarian dan aspek lainnya yang sangat unik untuk terus dikembangkan agar tidak punah.

Semoga kesenian tradisional terus dikembangkan, khususnya kesenian topeng betawi agar tidak tergerus oleh jaman,"tutupnya."(*)

Reporter: Nilan

Editor: Luk

Baca Juga