Terbaru

6/recent/ticker-posts

KKN Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta, Video Tutorial sebagai Jembatan

Vidio tutorial pembuatan kuis pada salah satu platform edukasi

Redaksibekasi.com- Purwakarta: Keberlangsungan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Pandemi Covid-19 membawa dampak yang begitu besar bagi kehidupan manusia. Berbagai aktivitas yang semula dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan kini berubah menjadi daring. Alhasil manusia dipaksa untuk beradaptasi akan kebiasaan baru tersebut. Butuh waktu yang cukup lama bagi manusia untuk dapat melakukan kebiasaan baru tersebut mengingat pandemi Covid-19 yang muncul diluar dugaan manusia.

Adaptasi akan kebiasaan baru tersebut hampir berlaku diseluruh bidang kehidupan manusia, tak terkecuali bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah konvensional yang semula dilakukan tatap muka kini berubah menjadi tatap maya. Instruksi pengalihan cara mengajar tersebut disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Nadiem Makarim pada tanggal 4 Agustus 2020 melalui penerbitan Kurikulum Darurat dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

Video tutorial pembuatan kuis pada salah satu platform edukasi
Kenyataannya kendala utama dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar daring ini terletak pada kurang menunjangnya gawai peserta didik, koneksi internet yang kurang stabil di


beberapa daerah, tidak adanya paket internet, serta minimnya pengetahuan akan cara pengoperasian platform pengganti metode mengajar di sekolah konvensional. Beberapa kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tersebut sudah ada lebih dari satu solusi yang ditawarkan oleh beberapa pihak. Universitas Pendidikan Indeonesia (UPI) menjadi salah satu nya. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Penanggulangan dan Pencegahan Dampak Covid-19, UPI terkhusus yang terdapat di Kampus Purwakarta berusaha memberi jawaban akan salah satu permasalahan tersebut yaitu dengan memberi bimbingan terhadap pendidik yang kesulitan untuk mengoperasikan platform pengganti kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Melalui video tutorial, Yubena Tambunan salah satu mahasiswi UPI Kampus Purwakarta berusaha menjembatani tenaga pengajar yang masih kesulitan untuk 
mengoperasikan beberapa platform pengganti kegiatan belajar mengajar tatap muka. Cara ini ditempuh sebab mengingat protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang mengharuskan seluruh rakyat Indonesia untuk tetap menjaga jarak. Video tutorial ini membantu tenaga pengajar dalam pembuatan latihan soal dan tentunya membuat peserta didik pun semakin semangat belajar karena tampilan unik seperti game online yang ditawarkan platform edukasi ini. Sebagai tenaga pengajar di SDN Sukasari, Herlina Sari, S.Pd. menuturkan bahwa video tutorial ini merupakan suatu pembaharuan bagi tenaga pengajar di daerah yang jauh akses nya dari kota terutama di masa PJJ yang pada kenyataannya membuat motivasi belajar peserta didik menjadi berkurang.

Herlina Sari, S.Pd. sedang menonton video tutorial pembuatan kuis pada salah satu platform edukasi.

Video tutorial yang dibuat oleh para mahasiwa yang mengikuti program KKN ini tentunya sudah melewati proses editing baik secara teknis maupun konten yang ditawarkan melalui persetujuan kami sebagai tim dosen” ujar Hayani Wulandari, M.Pd. dalam bimbingan KKN yang dilakukannya sacara daring pada hari Sabtu, 21 November 2020 lalu. 

Tenaga pendidik tidak perlu khawatir apabila terjadi kesalahan dalam pengoperasian platform karena memang video yang dibuat oleh mahasiswi UPI ini sudah lulus “sensor”.

Selain ditujukan untuk tenaga pengajar yang merasakan dampak dari pandemi ini, video ini dapat juga diakses oleh siapa saja yang membutuhkan informasi akan cara pengoperasian platform edukasi ini karena video tersebut diunggah di kanal youtube sehingga akan mudah bagi siapa saja untuk mengaksesnya.

Diharapakan dengan munculnya solusi ini di situasi pendidikan sekarang dapat menjadi sesuatu yang membantu guna meningkatkan kembali semangat untuk terus belajar bagi siapa saja terlepas dari tenaga pendidik. Karena pandemi Covid-19 ini tidak dapat diprediksi dengan pasti kapan akan berkahir sehingga kehidupan manusia yang normal seperti sebelumnya belum dapat dipastikan kapan akan kembali pulih. Namun, kiranya hal tersebut tidak menjadi alasan untuk meninabobokan dunia pendidikan karena justru lewat pendidikan kelumpuhan selama 
pandemi ini dapat bangkit kembali dan kiranya pengabdian mahasiswa UPI Kampus Purwakarta ini dapat menjadi salah satu tonggak awal kebangkitan kembali dunia pendidikan 
Indonesia pasca pandemi Covid-19. jelasnya. yubena."(*)

Editor: Luk
Baca Juga