Terbaru

6/recent/ticker-posts


KKN Tematik UPI Purwakarta 2020, Edukasi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Redaksibekasi.com- Purwakarta: niversitas Pendidikan Indonesia kembali menyelenggarakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahap kedua. Program ini diikuti oleh mahasiswa yang belum mengikuti program KKN tahap pertama yang dilaksanakan pada bulan April lalu.

KKN Tematik ini mengusung tema “Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Dampak 
Covid-19”. Program dari KKN Tematik ini terdiri dari dua program, yaitu program wajib berupa penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan. Program wajib ini memiliki sasaran yaitu 2 orang guru, 10 orang siswa, dan 10 orang tua dari jenjang pendidikan 
PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. 

Sedangkan program pilihan berupa 
pencegahan Covid-19 pada masyarakat dengan sasaran masyarakat. Kemudian untuk program pilihan penanggulangan Covid-19 di bidang ekonomi sasarannya adalah masyarakat terkena PHK, pengusaha kecil/kaki lima, pengangguran, serta ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga yang tidak bekerja.

Kegiatan KKN Tematik ini dimulai pada tanggal 16 November 2020 dilaksanakan secara daring di daerah tempat tinggal mahasiswa. Mahasiswa dari prodi PGSD menjadikan Sekolah Dasar sebagai mitra untuk melaksanakan penguatan pembelajaran secara daring. 

Penguatan yang dapat dilakukan yaitu dengan membantu guru menentukan metode, media, atau metode pembelajaran yang akan dilaksanakan. Mahasiswa dapat menggunakan kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran untuk siswa agar memiliki minat belajar walau belajar dari rumah.

Selain itu, terdapat kegiatan pendampingan siswa yang tergabung dalam grup whatsapp. 
Mahasiswa juga melakukan bimbingan belajar kepada siswa secara online menggunakan aplikasi zoom cloud meeting untuk membahas materi yang belum dipahami oleh siswa, mahasiswa dapat menjelaskannya sampai siswa mengerti. 

Kegiatan lainnya yaitu
pendampingan orang tua siswa, mahasiswa menghubungi orang tua secara online untuk 
menanyakan kesulitan dan kebutuhan orang tua dalam membimbing anaknya selama belajar dari rumah dan ada orang tua siwa yang mengaku kerepotan karena harus mengatur waktunya 
untuk pekerjaan dan membimbing anaknya belajar.

Terdapat beberapa kegiatan pada program pilihan dalam KKN Tematik ini, salah satunya yaitu membuat masker dan sanitizer yang akan disalurkan kepada masyarakat melalui ketua 
RT/RW setempat. Dengan kegiatan KKN Tematik yang dibimbing oleh ibu Jennyta Caturiasari, M.Pd.

Ini diharapkan masyarakat lebih peduli dan sadar terhadap pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Dengan meningkatnya kesadaran dari masyarakat penyebaran virus ini akan terputus sehingga wabah ini menghilang dan kita semua dapat melakukan aktivitas seperti biasa tanpa rasa khawatir. Jelasnya. Oleh Dewi Kartika."(*)

Editor: Luk
Baca Juga