Terbaru

6/recent/ticker-posts

Sekcam Sukakarya Secara Resmi Buka Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke-4 Tingkat Kecamatan Sukakarya

Redaksibekasi.com- Sekretaris Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Dr. HM. Shaleh, S.Ag.M.Pd. secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke-4 Tingkat Kecamatan Sukakarya Tahun 2020 pada selasa, (17/11/2020). Bertempat di Gedung YPI Al-Husna Waziyadah.

Dalam sambutannya, Dr. HM. Shaleh mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dar unsur, Kecamatan, KUA, Ketua Yayasan YPI Al-husna Waziyadah. Ulama maupun tokoh agama yang membantu hingga kegiatan STQ ini dapat dilaksanakan.

"Semoga apa yang kita lakukan, menjadi ladang ibadah guna membina generasi Qurani,"ucapnya kepada redaksibekasi.com pada selasa, (17/11/2020).

Dikatakannya, diselenggarakannya kegiatan STQ ini adalah semata-mata untuk memupuk dan menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Qur'an. 

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari siapa yang bisa mewakili seleksi ke tingkat yang lebih tinggi yaitu kabupaten,"terangnya.

Lebih lanjut, HM. Shaleh membeberkan ada beberapa lomba yang akan di ikuti oleh peserta STQ, ada Lomba Kaligrafi, Murotal. Tilawah, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) Syarhil Qur'an. Fahmil Qur'an. Tafsir Quran Bahasa Indonesia. Tafsir Qur'an Bahasa Arab. Tafsir Qur'an Bahasa Inggris.

"Dengan STQ Ke-4 ini, semoga dapat mewakili kecamatan sukakarya ke tingkat Kabupaten Bekasi,"harap pria asli gabus ini.

Sementara itu, Kasi PMD Sukakarya Dudin, S.Hi menyampaikan bahwa STQ merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki peran yang sangat strategis, menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang hakiki yakni Al Qur'an.

"Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi pedoman hidup umat Islam maupun dalam fungsinya untuk melakukan pembinaan umat,"ungkapnya.

Agar memiliki pemahaman, lanjut Dudin, serta tanggung jawab dalam pelaksanaan tuntunan agama di dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan. 

"Disampaikan juga bahwa Al Qur'an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji,"bebernya.

Lebih jauh, Dudin mengutarakan Al-Qur'an menjabarkan tentang Ilmu Allah yang mengisyaratkan walaupun air laut menjadi tinta dan seluruh pohon menjadi pena, pastilah tidak akan cukup untuk menuliskan kalimat-kalimat hikmah keagungan Allah SWT. 

"Oleh karena itu, forum-forum kajian Al Qur'an perlu digiatkan dan dikembangkan di lingkungan masyarakat, keluhuran nilai-nilai ajaran Al Qur'an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan termasuk diantaranya MTQ, STQ dan Saya berharap kegiatan (STQ) seperti ini dalam rangka memasyarakatkan Al-Qur'an dan meng Al-qur'ankan masyarakat. Kegiatan semacam ini harus dimasyarakatkan,"tutupnya."(*)

Reporter: Nilan

Editor: Luk

Baca Juga