Terbaru

6/recent/ticker-posts

Tak Ingin Warganya Terserang Penyakit Dan Banjir, Ini yang Dilakukan Lurah Kertasari Di Pebayuran

Redaksibekasi.com- Pebayuran: Sampah yang menumpuk menahun di belakang rumah warga dan bantaran hilir sungai Citarum karena tidak tertangani, telah meresahkan warga Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran.

Selain itu, sampah yang menumpuk telah membuat kelurahan Kertasari tampak kumuh dan tidak tertata dengan baik. Padahal, Kertasari saat ini berstatus Kelurahan, yang seharusnya lebih baik dari desa-desa yang ada di Kecamatan Pebayuran.

Melihat pemandangan yang kurang sedap dipandang mata dan aspirasi masyarakat, Lurah Kertasari, Andika Journalisanda, S. Stp mengajak unsur kelurahan, Bimaspol, babinsa, karang taruna, jajaran pengurus RT dan RW, warga setempat dan kepala UPTD Kebersihan, Samsuro. Untuk bersama-sama bekerja bakti membersihkan sampah rumah tangga yang dibuang di bantaran hilir Sungai Citarum dan dibelakang pekarangan rumah.

Menurut Andika, panggilan akrab lurah Kertasari, sampah yang menumpuk bukan hanya tidak enak dipandang mata tetapi juga sumber penyakit dan salah satu penyebab banjir.

"Saya tidak ingin, warga saya terserang penyakit dan mengalami kebanjiran." Ujar Andika kepada awak media ditengah-tengah kesibukannya memimpin kerja bakti. Kamis (5/11).

Diakui oleh Andika, bahwa upaya yang dilakukannya tidak serta merta membebaskan warganya dari terjangan banjir maupun penyakit akibat tumpukan sampah. Apa yang dilakukan adalah upaya pencegahan karena telah memasuki musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati." Ujar Andika berfilsafat.

Lebih lanjut Andika memaparkan bahwa kedepannya akan dibuatkan tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) di masing-masing dusun.  Dengan sampah rumah tangga yang telah dibungkus pelastik atau karung. Selanjutnya UPTD Kebersihan akan mengangkutnya menuju tempat pembuangan akhir sampah.

"Saya berharap, warga Kertasari tidak lagi membuang sampah sembarangan." Ujar Andika Journalisanda, S. Stp, Lurah Kertasari yang baru dilantik beberapa waktu lalu.

"Saya ingin, Kertasari Bersih dan tertata." Tutup Andika."(*)

Reporter: Man

Editor: Luk

Baca Juga