Terbaru

6/recent/ticker-posts

Tekan Angka Pengangguran, H.Yaman Edie Bair Apresiasi Program Pemagangan Ke Perusahaan MKI

Redaksibekasi.com- Kab.Bekasi: Menyikapi kunjungan Bupati Kabupaten Bekasi, H. Eka Supria Atmaja SH ke Gedung MKI (Mitsubishi Kramayudha Indonesia), di kawasan Greenland Deltamas, (selasa 24-11-2020) beserta Dinas terkait, dalam acara Launching Program Pemagangan antara pihak MKI (Mitsubishi Kramayudha Indonesia) dengan Pihak SMK binaan MKI, adalah bagian dari upaya sosialisasi Perbub Nomor  9 - 2019 tentang perluasan kesempatan Kerja. Upaya yang terus menerus dilakukan oleh Bupati dan jajarannya. ini adalah Good wil dari kepala daerah atas perbup yang telah dikeluarkannya," Hal iti diutarakan H.Yaman Edie Bair, yang juga sebagai Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Kabupaten Bekasi dikediamannya di Perum.Central Park,  Rabu (25/11).

Masih kata H. Yaman Edie Bair, Bupati Bekasi telah hadir ditengah masyarakat kabupaten Bekasi, membuat Pilot Project dalam mencarikan solusi  ketenagakerja, diitengah indeks pengangguran yang butuh serapan dan kesempatan kerja. Karena walau bagaimanapun masalah pengangguran adalah masalah sosial yang harus segera dicarikan solusinya. Dan Dinas tenaga kerja sebagai leading sektor harus Allout menjalankan perda no. 4-2016 tentang ketenagakerjaan yang kemudian petunjuk teknisnya diatur dalam perbup Nomor 9 tahun 2019 tentang kesempatan Kerja, apalagi yang ditunggu, kecuali semaksimal mungkin  menjalankan isi dari Perbup tersebut., guna membantu pihak sekolah (SMK) yang ada di kabupaten Bekasi agar bisa menjalankan program Pemagangan dengan Perusahaan yang ada dikawasan Industri,

"Bila perlu hal ini dibuatkan aturan yang mewajibkan agar Perusahaan yang ada dikawasan Industri di wilayah Kabupaten Bekasi, Untuk membuat kerjasama pembinaan dengan SMK yang ada dikabupaten Bekasi, ini adalah tugas Dinas Tenaga Kerja,"Tutur H.Yaman Edie Bair.

Saya sangat apresiasi dan mendukung program Pemerintah Daerah terkait ketenagakerjaan.

"Jujur, ini adalah contoh baik yang sudah dilakukan oleh managemen MKI  membuat kerjasama dengan Sekolah-sekolah SMK yang ada dikabupaten Bekasi, yang kemudian dijadikan sekolah binaannya," tambahnya.

Program ini lanjut H.Yaman, Harus dicontoh oleh perusahaan-perusahaan yang lainnya yang ada dikawasan industri diwilayah Kabupaten Bekasi.

"Saya membaca program ini akan menjadi program berkelanjutan Pemkab Bekasi kedepan, dan ini arah nya kesana,"tutur H.Yaman Edie Bair. Namun dibarengi dengan kerja keras dari Dinas Tenaga Kerja, agar Ruh dan Substansi pesan yg terkandung dalam Perbup 9 - 2019 bisa sesuai harapan bersama.

*Soal Yayasan Manpower*

Disisi lain, banyaknya yayasan yayasan manpower suply yang juga punya misi dan orientasi yang sama terkait program Pemagangan, harus bisa lebih diatur dan ditertibkan jika didapati menyimpang dari aturan yang ada di Perbup.

"Pelaksanaan Perbup nomor 9 /2019 Harus berjalan komprehensif dibawah naungan Dinas Tenaga Kerja, Dan Dinas  sebagai eksekutor lapangan,  hadir sebagai Leading sektornya, dan hal yang wajar apabika masyarakat Kabupaten Bekasi menyandarkan harapannya, "tutur H.Yaman Edie Bair."(*)

Reporter: Jhon

Editor: Luk

Baca Juga