Cegah Abrasi, Babinsa Temajuk Serda Dwi Arianto Bersama Warga Buat Tanggul

Redaksibekasi.com- Sambas: Guna mencegah atau mengurangi timbulnya abrasi dari gelombang laut, Babinsa Temajuk, Koramil 1208-08/Paloh, Serda Dwi Arianto bersama perangkat desa dan masyarakat kompak melaksanakan kerja bhakti membuat. Rabu (2/12/20).

tanggul darurat dari karung pasir di pesisir pantai Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Sambas.

Dalam kesempatan tersebut, Serda Dwi Arianto serta masyarakat bergotong royong mengisi karung - karung dengan pasir lalu menyusunnya di bibir pantai. Diharapkan dengan tanggul penahan darurat ini dapat menahan sementara pantai dari abrasi.

Selain sebagai upaya menjaga lingkungan, kerja bakti ini merupakan sarana pendekatan Babinsa kepada perangkat desa dan masyarakat agar terjalin kebersamaan dan kekompakan dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Babinsa Temajuk, Serda Dwi Arianto mengaku, selaku Babinsa dirinya harus 

selalu aktif di lingkungan dan membantu kesulitan masyarakat. Salah satunya dalam pembuatan tanggul darurat untuk penahan ombak, karena keberadaanya sangat penting untuk mencegah abrasi pantai.

Melalui kegitan ini kata Serda Dwi, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar supaya memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Terlebih pesisir pantai sangat riskan terjadi pengikisan tanah akibat ombak. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin memprihatinkan.

"Saya berterima kasih kepada perangkat desa khususnya Bapak Pandri selaku Kasi Pembangunan yang tanggap dan peduli kepada lingkungan. Pembuatan penahan ini merupakan swadaya dari desa dan karung bantuan dari tim Balai Sungai Kalimantan I," kata Babinsa Temajuk.

Ditempat terpisah, Mayor Inf Sartono, Danramil 08/Paloh memberikan apresiasi yang tinggi atas peran Babinsa, perangkat desa dan masyarakat, yang bersama - sama berupaya dalam menjaga lingkungan apalagi Temajuk adalah tempat wisata yang setiap saat orang datang berkunjung.

"Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat sekitar lokasi pantai dapat tergugah untuk selalu menjaga dan memelihara lokasi Pantai Desa Temajuk, sehingga selalu dapat menarik minat pengunjung untuk menjadikannya sebagai salah satu lokasi pilihan dalam berwisata," harap Mayor Inf Sartono. (Pendam XII/Tpr)."(*)

Reporter: Red

Editor: Luk

Lebih baru Lebih lama