Terbaru

6/recent/ticker-posts


Diduga Terpapar Limbah Beracun, Ratusan ikan Sapu-Sapu Di Situ Rawa Gede Mati

Redaksibekasi.com- Bekasi: Fenomena ikan mati massal kembali terjadi di Situ Rawa Gede, Bojong Menteng, Kota Bekasi. Jumlah ikan yang didominasi sapu-sapu yang mati diperkirakan mencapai ratusan ekor (Sepuluh Karung), bahkan ada juga beberapa jenis ikan lainnya yang tanpa sebab, ikut mati,

Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Bojong Menteng selaku pengelola Situ Rawa Gede menyebut berdasarkan pantauan anggota KPPL ikan ditemukan mati sejak Jum'at, 11 Desember 2020 lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari pantuan dan info dari Krisda

"Pada Jum'at sekitar pukul 14.00 WIB bangkai ikan sapu-sapu mulai terlihat mengambang di permukaan Situ Rawa Gede, puncaknya pada Sabtu 12 Desember 2020 malam semakin banyak bangkai ikan sapu-sapu bergelimpangan di Situ Rawa Gede," kata Krisda Codet, Ketua KPPL Bojong Menteng, Selasa (15/12).

"Fenomena tersebut bukan kali pertama terjadi di Situ Rawa Gede, dalam 2 bulan belakangan ini sering kita dapati bangkai ikan yang mengambang disini. Semua itu diduga karena adanya pencemaran limbah beracun (baik limbah industri maupun limbah rumah tangga) yang mencemari Situ Rawa Gede," sambung Krisda.

Lanjutnya, Ada dua kemungkinan ikan-ikan itu mati. Pertama, karena air situ rawa gede terindikasi tercemar limbah beracun, baik itu limbah industri maupun limbah rumah tangga sehingga ikan syok.

"Racun atau panas akibat tercemar limbah beracun ini yang membuat ikan syok, stres lalu mati," jelas Krisda.

Sementara kemungkinan kedua, kata Krisda, ratusan ikan mati karena berkurangnya kadar oksigen dalam air akibat proses purifikasi atau pemurnian limbah oleh bakteri di dalam situ rawa gede.

"Ada kemungkinan ikan-ikan mati karena kekurangan oksigen dalam sir akibat proses pemurnian limbah oleh bakteri," jelasnya.

Ia mengungkapkan, saat situ rawa gede terindikasi tercemar, secara alami bakteri di dalam sir berusaha menetralkan limbah.

"Ketika limbah masuk (ke situ rawa gede), otomatis oksigen dan bakteri berusaha menguraikan limbah. Nah bakteri juga butuh oksigen untuk bekerja," ujar krisda kepada awak media."(*)

Reporter: Man

Editor: Luk

Baca Juga